Wednesday, March 2, 2016

Mengubah TV Biasa Menjadi TV "Pintar" Dengan Google Chromecast



Sudah sebulan terakhir ini gw menggunakan Google Chromecast generasi pertama atau yang bisa disebut Chromecast original. Nah sebelum lanjut cerita gw mau jelasin secara singkat dulu tentang apa sih google chromecast ini?

Google chromecast ini sendiri mempunyai 2 fungsi utama yaitu yang pertama sebagai alat "cast" konten digital jadi dengan menggunakan smartphone maupun notebook kita bisa memberi perintah si chromecast ini untu memutar konten digital seperti video di youtube, netflix dan lain sebagainya. Saat chromecast melakukan proses cast ini, perangkat kita berperan sebagai remote. Lalu yang kedua sebagai mirroring tampilan di smartphone & notebook kita ke TV dalam artian apapun yang terlihat di layar perangkat kita akan muncul di TV. Untuk informasi lebih lanjut bisa ke http://google.com/chromecast

Yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan chromecast ini sendiri adalah kita harus memiliki koneksi wifi dan TV harus memiliki port HDMI (jika mempunyai HDMI & USB akan lebih baik). Untuk perangkat pendukung sendiri kita harus memiliki perangkat bersistem operasi android dan ios yang telah terinstall aplikasi chromecast dan untuk komputer windows & mac kita bisa mendownload browser google chrome dan menginstall google cast plug in. Berikut aplikasi untuk google chromecast ini.




Chromecast ini sendiri bisa didapatkan di toko online yang ada di Indonesia maupun yang terbaru jika kita menggunakan layanan internet Indosat GIG maka kita akan mendapatkan satu buah google chromecast.

Gw sendiri sangat puas dengan performa google chromecast ini yang mampu menampilkan video beresolusi 1080p Full HD. Kebetulan gw suka nonton youtube maupun nonton kartun di crunchyroll. Buat teman-teman yang punya netflix juga bisa kok menampilkan videonya langsung ke televisi.

Kalo ini foto box beserta paket pembelian google chromecast:








Kalo ini ada video review dari MKBHD tentang google chromecast ini:



Sebulan terakhir ini gw menggunakan google chromecast ini tanpa masalah baik itu untuk menonton konten di youtube maupun menonton kartun favorit di crunchyroll hehe. Oh ya buat yang punya koleksi film di laptop terus ingin menonton di layar yang lebih besar bisa juga menggunakan google chromecast ini jadi ngga perlu menggunakan kabel HDMI ke TV, semua bisa dilakukan secara wireless. Sudah ada beberapa game mobile yang support google chromecast ini, terutama game-game dari platform android.

Beberapa aplikasi yang support google chromecast:









Kesimpulannya sih jika ingin menikmati konten digital di TV kita yang masih "bodoh", kita bisa membeli google chromecast generasi pertama ini dengan harga yang tidak terlalu mahal dan fungsi yang ditawarkan juga sangat menarik. Sebulan ini gw sangat puas dengan performa chromecast :)