Boeing Siapkan Pesawat Wisata Luar Angkasa


WASHINGTON - Mimpi untuk berwisata ke luar angkasa, nampaknya akan benar-benar terwujud dalam waktu dekat. Sebuah perusahaan mencoba menfasilitasi plesiran paling mahal ini.

Adalah perusahaan Space Adventures berencana untuk menyediakan tempat duduk penumpang pada penerbangan komersial di atas kapal masa depan bernama Boeing Crew Space Transportation-100 (pesawat ruang angkasa CST-100).

Potensi pelanggan dilaporkan termasuk perorangan, perusahaan, organisasi non-pemerintah dan badan-badan selain badan antariksa Amerika Serikat NASA.

"Untuk saat ini, semua penerbangan komersial untuk peserta luar angkasa swasta ke ISS telah dikontrak oleh Space Adventures," jelas VP Boeing Brewster Shaw, seperti dilansir melalui Space, Kamis (16/9/2010).

"Jika NASA dan mitra internasional terus mengakomodasi peserta luar angkasa komersial di ISS, bukan tidak mungkin di masa depan administrator NASA untuk mempromosikan perdagangan ruang di orbit selain Bumi," tambahnya.

Menurut Shaw, Boeing dan Space Adventures belum menetapkan harga per kursi untuk peserta luar angkasa.

Saat ini Boeing berusaha untuk terus meningkatkan desain untuk pesawat-100 CST di bawah NASA Crew Commercial Space Act. Nantinya, pesawat luar angkasa ini dapat membawa tujuh orang dan diharapkan dapat terbang pada peluncuran di tahun 2015.

Perlu dicatat bahwa Space Adventures telah berhasil dikontrak dan berhasil menerbangkan tujuh peserta luar angkasa pada delapan misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.
(srn)