Fadel: Malaysia Cenderung Memperlambat Perundingan

Makassar (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menilai Malaysia cenderung memperlambat perundingan mengenai batas wilayah dengan Indonesia.
"Ada kecenderungan Malaysia memperlambat perundingan batas wilayah," katanya di Makassar, Senin, saat menghadiri Safari Ramadhan Partai Golkar.
Kecenderungan memperlambat tersebut terindikasi dari penyelesaian permasalahan yang tidak kunjung menemui titik temu selama bertahun-tahun. "Deklarasi Juanda menjadi pegangan kita selama ini," ujarnya.
Ia mengatakan, pada rapat kabinet minggu lalu, Presiden telah memerintahkan untuk segera menggelar perundingan untuk menyelesaikan permasalahan batas wilayah dengan Malaysia karena sudah lama dibiarkan berlarut-larut.
"Saya juga akan ikut mendesak Kementerian Luar Negeri untuk menyelesaikan permasalahan batas wilayah tersebut," katanya.
Terkait dengan kerugian negara yang disebut cukup besar akibat pencurian ikan oleh nelayan asing di perairan Indonesia mencapai Rp50 triliun, dia membantahnya.
"Saya bingung kalau ada yang bilang Rp50 triliun. Jadi, angka tersebut tidak pernah ada," katanya menandaskan.
Ia mencontohkan, jika diasumsikan pencurian ikan yang terjadi sebanyak 20 persen dari total produksi ikan nasional sebanyak 5,6 juta ton per tahun dengan harga ikan per kilogramnya Rp20 ribu, kerugian negara diperkirakan sebesar Rp200 miliar.
"Kita fokus mengurus yang berhubungan dengan kesejahteraan dan kemakmuran kalau keamanan ada petugas keamanan yang menanganinya," katanya menambahkan.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto