Mobil Murah Toyota Mulai Diproduksi Bulan Depan


NEW DELHI - Toyota akhirnya mengumumkan rencana produksi percobaan model Etios untuk pasar India mulai September mendatang, sebelum akhirnya produksi massal pada Desember 2010.

Penetapan Desember sebagai tahap produksi massal dipilih seiring rencana pabrikan Jepang itu untuk memperkenalkan Etios akhir tahun ini sebagai mobil murah mereka.

"Sebelum memulai produksi komersial pada Desember, kita akan melewati dua putaran produksi percobaan. Pertama akan dilakukan pada September. Kemudian selanjutnya dilakukan lagi pada Oktober 2010," jelas Deputy Managing Director Toyota Kirloskar Motor (TKM), Shekar Viswanathan, seperti dikutip dari PTI, Selasa (31/8/2010).

Produksi percobaan bukan untuk dijual massal, melainkan untuk digunakan sebagai kendaraan uji kelayakan jalan.

Untuk hasil produksinya ini, Toyota disebut-sebut mengerahkan tidak kurang dari 2.000 insinyur di laboratorium internal mereka di Jepang dan India selama empat tahun terakhir.

"Kami melihat setiap alternatif yang memungkinkan untuk Etios. Mulai dari varian mesin diesel, maupun bensin, serta kemungkinan adanya permintaan mobil berbahan bakar LPG maupuan CNG," tambah President Toyota Asia Pasific, Mitsuhiro Sonoda.

Saat ini telah dikonfirmasi bahwa untuk India, Toyota Etios akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin yakni 1.200 cc dan 1.500 cc. Namun produsen Negeri Sakura itu belum mau sesumbar mengenai target penjualan Etios di India. (uky)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto