Pemudik Sepeda Motor Akan Diangkut Bus


VIVAnews - Beragam cara dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk mengurangi angka pemudik sepeda motor. Misalnya: sosialisasi rawan kecelakaan, ancaman tilang, dan saat ini Ditlantas menyatakan akan menyediakan bus untuk mengangkut mereka.

Rencananya, bus akan di tempatkan di titik terluar area yurisdiksi Polda Metro Jaya, yakni di Bekasi. "Kami akan menyediakan bus di Check Point depan KPU Kabupaten Bekasi," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Condro Kirono, Selasa, 31 Agutus 2010.

Penyediaan bus ini merupakan langkah alternatif untuk mengurangi membludaknya jumlah pemudik sepeda motor. Diprediksi, pemudik sepeda motor pada Lebaran 2010 ini mencapai 3.617.666 atau naik 14 persen dibanding tahun 2009.

Sejauh ini, bus yang dipastikan akan di tempatkan di KPUD Kabupaten Bekasi berjumlah empat unit. Bus diperuntukkan bagi istri dan anak para pemudik yang akan diantar hingga Cirebon.

"Si ayah bisa melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor, namun ibu maupun anaknya dapat menggunakan bus tersebut," ujarnya lagi.

Kebijakan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang kerap menimpa pemudik sepada meotor.

Selain di depan KPUD Kabupaten Bekasi, Check Point lain adalah: Jakarta Pusat di Coca Cola, Jakarta Utara di lampu merah Bintang Mas, Jakarta Barat di Samsat Jakbar, Jakarta Selatan di Fly Over Jagakarsa, Jakarta Timur di Grand Mall Cakung. Untuk kawasan Depok di Simpangan Depok, Bekasi Kota di Sun City, Tanggerang Kota di Cimone Jalan Merdeka, dan Tanggerang Kab di Perum Citra Raya.

Keberadaan Check Point bukan hanya untuk mengurusi pemudik, tapi juga akan digunakan sebagai pos Polisi Lalu Lintas di lapangan. (kd)
• VIVAnews
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto