Apple Siapkan iPad dan iPhone 'Baru'


VIVAnews - Apple berencana merilis update (pembaruan) sistem operasi untuk perangkat iPhone dan iPad pada bulan November mendatang. Selain iPad dan iPhone, sistem operasi versi terbaru itu juga dapat berjalan di iPod Touch dan beberapa gadget besutan Apple yang akan diluncurkan kemudian.

Yang dimaksud adalah iOS 4.2 yang mempunyai kemampuan untuk mencetak (print) dokumen dari perangkat iPad, iPhone, dan iPod Touch tanpa melalui kabel alias nirkabel.

Selain itu, seluruh perangkat Apple itu juga akan terkoneksi dengan komputer personal (PC) secara nirkabel untuk melakukan berbagai hal, misal: cek e-mail, berselancar di Web, hingga mengedit foto dan gambar.

Fitur yang dapat mencetak dokumen secara nirkabel itu dinamakan AirPrint.

"Software itu akan mendeteksi printer di jaringan lokal secara otomatis sehingga mampu mengirimkan pesan teks, foto, dan grafis untuk dicetak melalui koneksi Wi-Fi," kata Apple dalam keterangan resminya, seperti dilansir AP, Kamis, 16 September 2010.

Apple mengklaim fitur AirPrint bisa bekerja di berbagai macam printer, mulai dari printer inkjet hingga printer laser. Namun, Apple tidak menyebutkan merk-merk printer apa saja yang kompatibel.
• VIVAnews