Asia Mulai Dilirik Perusahaan Jejaring Sosial


SINGAPURA - Kawasan Asia mulai menjadi santapan empuk para perusahaan jejaring seperti Facebook, Twitter dan blog internet. Besarnya pangsa pasar Asia mendorong pemain besar untuk duduk dan memperhatikan.

Dengan lebih dari 220 juta blogger di China saja, dan hampir tiga dari lima orang di Singapura memiliki akun Facebook, Asia menyajikan kesempatan komersial yang sangat besar untuk iklan online.

"Asia adalah bagian yang paling menarik di dunia untuk apa yang terjadi di media sosial," kata Thomas Crampton, Asia-Pacific director of Ogilvy Public Relations di sela-sela forum media sosial di Singapura, yang dilansir melalui AFP, Senin (27/9/2010).

Kesempatan perusahaan jejaring sosial untuk memperluas sayapnya di Asia ini mulai terlihat saat Facebook meluncurkan sebuah kantor penjualan Asia di Singapura bulan ini agar bisa lebih dekat dalam menarik iklan online.

"Pasar Asia sangat sangat besar bagi kami," kata Blake Chandlee, Direktur komersial Facebook di luar Amerika Utara dan Eropa Barat. "Ini kesempatan besar bagi kami,"

Chandlee mengatakan Asia adalah tempat paling cepat berkembang di antara pasar geografis Facebook, walaupun pembatasan akses di China. Crampton mengatakan meningkatnya jumlah orang Asia terhubung ke Internet adalah pendorong utama di belakang menggilanya media sosial di kawasan itu.

Dia bahkan mencatat bahwa peringkat pasar terkemuka seperti Indonesia sudah berada di posis ketiga di belakang Amerika Serikat dan Inggris pada pelanggan aktif bulanan, dan siap untuk mengambil posisi kedua dalam beberapa bulan.

Sementara itu, Asia merupakan kawasan yang paling rajin dalam men-tweet di Twitter dalam beberapa bulan terakhir.

"Pengguna Twitter di Asia, terutama berlokasi di Jepang, Indonesia dan Korea Selatan, menguasai 37 persen dari tweets seluruh dunia," kata Semiocast, yang mempelajari 2,9 juta tweets selama 24 jam.
(tyo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto