Belgia Produksi Bir Mistis


PERUWELZ - Bulan purnama umumnya kerap dikaitkan dengan gelombang pasang, kewarasan atau makhluk seperti manusia serigala. Tetapi bulan purnama kini dikaitkan pula dengan pembuatan bir dan menghasilkan bir yang enak.

Kota kecil Peruwelz sebelah selatan Belgia, satu keluarga yang memiki pabrik pembuatan bir, menggunakan metode baru dalam memproduksi bir. Perusahaan ini membuat bir yang penyulingannya dibantu dengan sinar bulan purnama.

"Kami melakukan sedikit penelitian dan mendapatkan jika fermentasi dengan sinar bulan purnama, makin membuat fermentasi tersebut lebih cepat dan aktif," ungkap pemiliki perusahaan bir Brewery Caulier Roger Caulier seperti dikutip Reuters, Minggu (26/9/2010).

"Hasil akhir dari fermentasi bulan purnama ini memang jauh berbeda. Bir yang dihasilkan lebih keras, rasanya pun lebih lama terasa di mulut," lanjut Roger Caulier.

Percaya atau tidak, bir berwarna emas tersebut memiliki kadar alkohol dari bir yang biasanya. Bir ini diketahui memiliki kadar alkohol mencapai 10 persen. Kadar yang tinggi dibandingkan bir standar buatan Eropa ataupun bir Amerika. Namun sudah biasa di Belgia, karena umumnya bir negara tersebut kadar alkoholnya mencapai 12 persen.
(faj)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto