Intel Hadirkan App Store untuk Perangkat Atom


VIVAnews - Pada konferensi tahunan Intel Developer Forum yang berlangsung di San Francisco, 13 sampai 15 September 2010, pembuat prosesor terbesar itu mengumumkan AppUp store, toko online tempat mereka akan menual aplikasi yang didesain khusus untuk prosesor Atom.

Tujuan didirikannya toko online tersebut adalah untuk memudahkan pengguna mendapatkan software yang bekerja optimal pada perangkat berprosesor Atom yang hemat energi namun memiliki kinerja terbatas. Toko ini juga bertujuan untuk menurunkan ketergantungan terhadap software yang dibuat khusus untuk sistem operasi Microsoft.

“Saat ini prosesor Intel Atom umumnya digunakan pada netbook dan menjalankan sistem operasi Microsoft Windows. Akan tetapi, prosesor Atom semakin cocok untuk tablet, smartphone dan perangkat elektronik konsumer lainnya,” kata Renee James, Senior Vice President and General Manager of Intel Software and Services Group, seperti dikutip dari XbitLabs, 15 September 2010.

Untuk itu, James menyebutkan, Intel akan memastikan bahwa software yang bergantung pada arsitektur x86, akan tetapi tidak bergantung pada Windows tetap tersedia dan kompetitif dibanding program yang didesain untuk mikroprosesor berbasis arsitektur ARM.

“Mendirikan AppUp store dan mendorong pengembang untuk mendesain software yang tepat merupakan dua cara untuk membuat perangkat berbasis Atom semakin kompetitif,” ucap James.

AppUp milik Intel tersebut akan menyediakan aplikasi gratis dan berbayar dari berbagai kategori seperti hiburan, jejaring sosial, gaming, dan produktivitas namun telah dioptimalkan untuk mobilitas yang dimiliki netbook serta ukuran layar yang ringkas.

Pada toko tersebut, Intel juga menyediakan solusi ‘try before you buy’ agar pengguna tergerak untuk mencoba aplikasi baru, yang kemungkinan besar sebelumnya tidak menarik untuk mereka miliki.

Beberapa software yang sudah tersedia di antara lain adalah aplikasi Adobe AIR serta beberapa aplikasi buatan Accuweather, Barnes & Noble, Funkitron, Gibson Guitars, iWin, Kaplan, Lifetime, dan Konami.
• VIVAnews