Lotus Elise Bermesin Toyota


TOKYO, KOMPAS.com - Mesin terakhir Toyota 4-silinder 2ZZ-GE VVTL-i yang telah diproduksi diserahkan kepada Lotus. Sebagai timbal baliknya, Jumat (17/9/2010), Lotus menghadiahkan Elise R bermesin 1,8L pamungkas kepada Presiden Toyota, Akio Toyoda.

"Penggunaan mesin 2ZZ-GE Toyota pada Elise merupakan sebuah pesan simbolis atas penghargaan dan apresiasi kepada partner kami. Tak hanya pada kerjasama yang telah terwujud sebelumnya, namun juga hubungan kami di masa yang akan datang," ujar Dany Bahar, CEO Lotus, saat penyerahan mobil di Kedutaan Inggris di Tokyo.

Mesin serupa yang digunakan Toyota Celica ini, dikembangkan Yamaha untuk Toyota. Dengan teknologi VVTL-i sanggup menghasilkan tenaga puncak hingga 180 PS. Tapi, ketika ditambah supercharger dan intercooler, tenaga mesin mungil ini mencapai 250 PS. Dikombinasikan dengan bobot Elise tak mencapai 1 ton, menghasilkan rasio tenaga dan bobot mengesankan, yang menjadikannya salah satu mobil sport terbaik di dunia.

"Mesin Toyota di mobil Lotus menciptakan kesan pengendaraan yang unik. Sebuah kombinasi spesial yang menghadirkan persembahan terbaik dari Lotus dan Toyota yang kami harap akan dirasakan dan dinikmati oleh semua pecinta mobil," tukas Akio Toyoda.

Pertanyaan selanjutnya, mesin apakah yang akan menggantikan 2ZZ-GE pada produk terbaru Lotus? Jawabannya ada di ajang Paris Motor Show bulan depan.

Penulis: BBB
Editor: Bastian