Menanamkan Kecerdasan pada Berbagai Alat


SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Konferensi teknis terbesar Intel Corporation dibuka di San Fransisco, Senin (13/9/2010). Di tahun yang ke 13 ini, Intel Development Forum (IDF) mengulas mengenai teknologi di masa depan, dimana Intel akan mengembangkan arsitektur yang terhubung pada berbagai perangkat dan alat elektronik, seperti televisi atau mobil.

Bila dulu kami hanya fokus pada prosesor untuk komputer, kini segala barang bisa dihubungkan dengan teknologi


"Ketika dunia makin pintar, Intel pun mengalami transformasi. Bila dulu kami hanya fokus pada prosesor untuk komputer, kini segala barang bisa dihubungkan dengan teknologi. Dengan begitu, berbagai piranti akan makin pintar, makin kuat, dan makin berguna," ujar Presiden Intel Paul Otellini dalam pembukaan IDF di San Francisco.

Beberapa hal yang diperagakan dalam pembukaan itu adalah bagaimana teknologi masuk ke berbagai alat yang kita pakai sehari-hari. Intel misalnya mengembangkan prosesor untuk kamera yang memungkinkan kamera tersebut terhubung dengan internet dan database. Kamera tersebut bisa digunakan untuk mengidentifikasi lokasi seseorang. Pengguna tinggal memotret bangunan atau landmark di sekitarnya, dan komputer akan mencocokkan gambar tersebut dengan gambar-gambar lain yang tersimpan di database.

Dari situ, pengguna akan dikirimi data tentang lokasi dia berada, termasuk koordinat dan apa yang ada di sekitarnya. Data diambil dari gambar-gambar di google dan wikipedia.

Teknologi lain yang menarik adalah bagaimana kamera video bisa mengenali gerakan manusia dan mengubah tangan seseorang menjadi pelacak. Dengan teknologi ini, seseorang bisa mengendalikan komputer tanpa harus menyentuhnya. Cukup menggerakkan tangan dan tubuh, maka berbagai perintah di layar komputer bisa dilaksanakan. Teknologi ini mirip dengan cara orang menggunakan iPad, hanya saja pengguna tidak perlu menyentuh layarnya. Yang jelas teknologi yang acap tampil dalam film-film masa depan itu segera akan terwujud.

Melalui berbagai arsitektur yang memadukan kemampuan prosesor dengan berbagai alat ini, kelak motto "Intel Inside" bisa jadi tidak hanya berlaku bagi komputer, tapi juga pada berbagai benda lain. Dengan kata lain, prosesor masa depan mampu memberi kecerdasan pada barang-barang yang kita gunakan sehari-hari