Nokia 'Bajak' Desainer Palm Pre


HELSINKI - Nokia berupaya keras untuk mempertahankan dominasinya di pasar ponsel yang terus tergerus oleh pesaing-pesaingnya. Perombakan di jajaran eksekutif terus dilakukan.

Setelah mengganti CEO yang sebelumnya dipegang Olli-Pekka Kallasvuo ke tangan Stephen Elop, kini Nokia kembali menggaet mantan pertinggi Palm, Peter Skillman.

Skillman selama ini dikenal sebagai orang yang berperan dibalik pengembangan ponsel cerdas Palm Pre. Setelah akuisisi Palm oleh Hewlett Packard (HP), April lalu, Skillman akhirnya memutuskan mundur dari Palm. Pria yang telah bekerja selama 11 tahun di Palm tersebut rencananya akan mengepalai divisi layanan untuk MeeGo, sistem operasi berbasis Linux milik Nokia.

Nokia sendiri enggan untuk berkomentar mengenai kepindahan Skillman tersebut. Tapi jelas perekrutan Skillman ini adalah bagian dari strategi besar Nokia untuk mengembalikan kejayaan Nokia. Demikian dilansir Cnet, Kamis (16/9/2010).

Seperti diketahui, pekan lalu Nokia secara resmi mengumumkan Elop yang sebelumnya menjabat sebagai head of Microsoft Business Division sebagai President and CEO Nokia pada 21 September 2010.

Pesaing-pesaing Nokia seperti Apple dan Google terus mengancam posisi perusahaan asal Finlandia. Lembaga riset Gartner memprediksi Sistem operasi (OS) Android bakal menjadi pesaing utama OS Symbian pada tahun 2010. Android diprediksi menduduki urutan kedua untuk pasar OS di tahun ini. Bahkan kemungkinan Android bisa menggeser dominasi Symbian dari posisi teratas pasar OS ponsel di tahun 2014. (ugo)