Penduduk AS Tergemuk di Dunia


INILAH.COM, New York - Amerika Serikat tidak hanya mendominasi perekonomian dunia. Namun juga menyandang peringkat sebagai negara dengan penduduk tergemuk di dunia. Oya?

Laporan yang dirilis Organization for Economic Cooperation and Development(OECD) mengatakan, melesatnya tingkat obesitas, menjadikan AS sebagai negara tertinggi untuk masalah pada bobot tubuh, dimana lebih dari dua pertiga penduduknya memiliki kelebihan berat badan.

Yang lebih mengkhawatirkan, masalah obesitas di AS ternyata tidak terbatas pada orang dewasa. AS juga memiliki tingkat obesitas tertinggi untuk anak-anak, di kalangan negara maju.

AS tentu tidak sendirian di antara negara-negara OECD dalam perjuangan menangani masalah berat badan. Hampir setengah negara-negara OECD, 50% atau lebih penduduknya saat ini diklasifikasikan mengalami kelebihan berat badan.

Sementara, tingkat obesitas telah berlipat ganda, bahkan mencapai tiga kali lipat di negara tertentu sejak 1980. Sebelum tahun tersebut, tingkat obesitas di negara-negara OECD pada umumnya di bawah 10%.

Meksiko tercatat sebagai negara dengan penduduk terbanyak mengalami kelebihan berat badan, yakni mencapai 69,5%. Disusul AS sebanyak 68%, New Zealand 62,6%, kemudian Australia, Inggris dan Irlandia sebesar 61%. Demikian pula Islandia yang 60,2% penduduknya berbobot di atas rata-rata. Diikuti Kanada 60%, Chile 59,7% dan Yunani 58,9%. [ast]
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto