Walau Mahal, Kopi Luwak RI Laris di World Expo


Jakarta - Meskipun harganya mahal, namun kopi Luwak Indonesia masih tetap menjadi incaran para pengunjung Paviliun Indonesia di World Expo 2010 Shanghai, China.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyatakan dalam pameran tersebut kopi khas Indonesia itu dijual dengan harga RMB380 per cangkir atau US$ 60.

"Jadi kita ada beberapa ikon yang kita tampilkan dan tonjolkan, kopi Luwak yang mungkin sekarang terenak sebagai salah satu kopi termahal di dunia dijual seharga RMB 380 per cangkir kurang lebih sama dengan US$ 60," ujarnya.

Namun, walaupun demikian, Mari menyatakan peminat kopi ini masih cukup banyak. Hal ini terbukti dari terjualnya kopi ini sebanyak 10-12 gelas per hari.

"Tap ternyata ada juga yang beli, karena itu kopi yang langka dan high quality. Jadi di sini kita juga memberitahukan cara membuatnya," ujarnya.

Hal serupa juga terjadi pada kuliner Indonesia, yaitu nasi goreng. Kuliner favorit Presiden Amerika Serikat Barack Obama ini terjual lebih dari 67.000 piring.

"Ya lumayanlah," ujar Mari merendah.

Berdasarkan data dari Kemendag, kuliner Indonesia merupakan paling favorit keempat setelah Jerman, Jepang, dan Perancis. World Expo Shanghai China digelar mulai 1 Mei 2010, rencananya akan ditutup pada 31 Oktober 2010
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto