Aplikasi Google Bantu Tunanetra


CALIFORNIA - Setelah iPhone diklaim mampu mempermudah tunanetra untuk mencari jalan, Google kini mengembangkan aplikasi serupa ke dalam Android, sebuah layanan navigasi.

Tidak tanggung-tanggung, dua aplikasi sekaligus digelontorkan oleh Google. Aplikasi-aplikasi tersebut dimaksudkan untuk menolong orang buta agar bisa berkeliling kota dengan lebih mudah. Demikian seperti yang dikutip dari TechCrunch, Selasa (12/10/2010).

Aplikasi pertama bernama WalkyTalky dengan sistem operasional yang lumayan sederhana. Pengguna hanya perlu menyalakan aplikasi tersebut, yang secara otomatis akan meminta pengguna untuk memasukkan alamat atau memilih dari salah satu lokasi yang akan dituju. WalkyTalky akan mulai membaca arah jalan anda, tidak seperti aplikasi navigasi umumnya pada Android, aplikasi ini juga akan dengan lantang menyebutkan nama dari alamat jalan yang dituju selama dalam perjalanan.

Aplikasi kedua adalah Intersection Explorer. Setelah mengaktifkan aplikasi ini, pengguna akan dipresentasikan dengan sebuah peta interaktif dari lokasi terakhir pengguna. Dengan men-drag jari
di layar, pengguna akan dapat mendengar suara yang menyebut nama lokasi sebagaimana jari digerakkan ke lokasi tertentu di layar. Cara ini membantu pengguna untuk mengenali lokasi, sebelum memulai suatu perjalanan. Aplikasi ini tentunya juga akan sangat membantu bagi para tuna-netra.
(srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto