Saat Google Assistant Memanfaatkan Siri di iOS



Sudah jadi rahasia umum jika kemampuan AI milik google lebih unggul dibandingkan dengan apple. Nah buat teman-teman yang suka menggunakan google assistant yang lebih pintar dibandingkan dengan  siri di iOS seperti iPhone & iPad sekarang ada solusi yang membuat google assistant dapat berjalan hampir native di perangkat iOS.

Di iOS 12 apple menambahkan fitur siri shortcuts agar siri dapat lebih mudah bekerja sama dengan aplikasi lain diluar aplikasi buatan apple. Nah google memanfaatkan fitur siri shortcuts ini sendiri untuk membuat google assistant dapat lebih mudah diakses oleh para pengguna iOS. Caranya tentu saja kita harus memiliki iOS minimal versi 12 dan mendownload google assistant versi terbaru.

Setelah itu kita dapat membuat google assistant bekerja sama dengan siri melalui setting di aplikasi google assistant maupun setting di perangkat iOS. Nantinya jika kita mengatakan hey siri dilanjutkan dengan perintah yang kita rekam sebelumnya untuk mengaktifkan google assistant semisal ok google, hey google atau perintah sesuai yang kita program sebelumnya maka nanti google assistant akan langsung terbuka.

Memang tidak sepraktis di perangkat androd namun hal ini memungkinkan google assistant lebih mudah diakses oleh para pengguna iOS. Gw sendiri lumayan terbantu karena bisa mengontrol perangkat rumah seperti lampu, TV, dan perangkat chromecast yang gw punya karena jika ingin mengontrol perangkat rumah menggunakan siri maka perangkat tersebut harus memiliki sertifikasi homekit. Cara ini bisa menjadi solusi teman-teman semua yang memiliki perangkat pintar di rumah namun belum tersertifikasi homekit namun ingin menggunakan perintah suara dalam mengontrol perangkat pintar tersebut.

Selamat mencoba ya teman-teman semua :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...