Astronot 'Check In' Foursquare dari Luar Angkasa


WASHINGTON - Penggila Foursquare tentu merasa biasa jika melakukan aktifitas 'check in' di tempat-tempat tertentu di seluruh dunia. Lalu, bagaimana jika layanan jejaring sosial berbasis lokasi ini, dibawa hingga ke luar planet Bumi?

Jawabannya mungkin saja. Sebab, seorang astronot NASA pada Jumat kemarin menggunakan layanan populer Foursquare luntuk melakukan 'check in' dari ruang angkasa.

Astronot tersebut bernama Douglas Wheelock, yang mengorbit dari Bumi ke International Space Station, mengirim pesan dari akun Twitternya, @ Astro-Wheels, mengatakan ia telah 'membuka' lencana NASA Explorer Badge di Foursquare.

Foursquare, yang menawarkan lebih dari empat juta anggota, memungkinkan pengguna untuk menyiarkan keberadaan mereka kepada pengguna lain. Pada layanan ini pengguna juga akan mendapatkan 'lencana' untuk tempat-tempat tertentu atau menjadi 'Mayor' di tempat tersebut.

Lencana Nasa Explorer Badge bisa didapatkan oleh mereka yang berada '220 mil di atas Bumi pada 17.500 mph, 'yang menempatkan Wheelock dalam kategori langka.

'Check-in dari seluruh dunia sangat keren, tapi ini berbeda! " kata co-founder dan CEO Dennis Foursquare Crowley, seperti yang dikutip Strait Times, Sabtu (23/10/2010).

"Kami bermitra dengan NASA untuk membantu pengguna menjelajahi program luar angkasa dan alam semesta," katanya.

NASA telah cepat untuk mengadopsi Facebook, Twitter dan lalat jaringan sosial lainnya untuk menawarkan lencana Foursquare untuk pengunjung ke sejumlah fasilitas NASA, termasuk Kennedy Space Centre di Florida dan kontrol mission di Houston.
(tyo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto