Bantu Pengusaha "Go Internasional", Plasa.com Gandeng eBay


JAKARTA, KOMPAS.com — Situs e-commerce Plasa.com, yang baru saja dikembangkan Telkom, melakukan kolaborasi dengan penyedia jasa layanan jual beli online internasional, eBay, untuk mempermudah produsen Indonesia menjual komoditasnya ke luar negeri. Kerja sama tersebut dilakukan di Jakarta, Kamis (7/10/2010).

"Kami harap dengan kerja sama ini, produk Indonesia bisa lebih banyak dijual di luar negeri," ujar Shinta Dhanuwardoyo, CEO Plasa.com, di sela-sela acara penandatanganan MOU Plasa.com dan eBay.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan produk-produk Indonesia. Menurut Shinta, selama ini seller lokal Indonesia kurang memiliki sarana untuk menjual produknya lebih luas lagi. "Barang-barang Indonesia itu unik, namun mereka belum punya kesempatan. Untuk itulah kami buka kesempatan bagi mereka untuk go international," ungkapnya.

Plasa.com akan menyalurkan para pedagang online Indonesia lewat eBay untuk memperdagangkan produknya. "Kalau Anda punya produk unik, tinggal klik www.plasa.com/ebay. Nanti daftar di situ sebagai user. Dari sini kita bisa menjual produk lewat eBay untuk pasar internasional. Ini kita namakan kolaborasi cross border trading," jelas Andi S Boediman, Chief Innovation Officer Plasa.com.

Dalam kerja sama ini, melalui Plasa.com, eBay juga akan menyediakan jasa konsultasi dan bimbingan kepada para pengusaha Indonesia. "Kita akan berikan konsultasi kepada para seller bagaimana mereka menentukan target market, bagaimana menjual barang lebih luas lagi," jelas Andi.

Andi berharap agar dengan kerja sama ini bisa dipergunakan oleh masyarakat untuk berdagang lebih luas lagi. "Jangan takut untuk berjualan online. Saya harap para seller Indonesia bisa go international semua," harapnya.