Jaringan 4G LTE akan Selimuti AS


Washington - Sebagian besar masyarakat di Amerika Serikat (AS) bakal segera menikmati teknologi 4G LTE (Long Term Evolution). Operator Verizon mengumbar janji bahwa sekitar 70% atau 110 juta warga negeri Paman Sam akan dilayani jaringan 4G LTE tahun ini juga.

"Kami akan segera menyambangi lebih dari dua pertiga penduduk AS di tempat tinggal mereka," ujar CEO Verizon, Lowell McAdam, yang dilansir TheRegister dan dikutip detikINET, Sabtu (9/10/2010).

Layanan 4G LTE dari Verizon akan ditawarkan di 38 kota termasuk New York, San Francisco, Boston, Chicago, Los Angeles, dan San José. Sebagai tambahan, 62 bandara juga bakal mendapat layanan.

Sepak terjang Verizon sepertinya membuat panas operator saingannya, AT&T yang baru akan menggelar layanan 4G tahun depan. Pihak AT&T menilai pihak Verizon terlalu terburu-buru menggeber layanan LTE.

Namun Verizon tak ambil pusing. Mereka sepertinya ingin diuntungkan dengan citra sebagai operator telekomunikasi pertama yang merilis layanan LTE terluas di AS.

Masyarakat di sana pun jelas diuntungkan. Sebab mereka bakal segera menikmati naiknya kecepatan koneksi secara dramatis dibanding jaringan 3G.

( fyk / ash )