Nge-Tweet Soal Anggur Vietnam, Pejabat Filipina Menuai Kontroversi


Hanoi - Twitter memang kian mewabah. Namun ini peringatan untuk para pejabat agar tidak sembarangan nge-tweet.

Seorang pejabat pemerintah Filipina harus meminta maaf karena telah memposting komentar yang meremehkan negara lain lewat situs micro-blogging, Twitter.

Maria Carmen Mislang tengah berkunjung ke Vietnam bersama Presiden Filipina Benigno Aquino untuk mengikuti KTT ASEAN di Hanoi. Mislang merupakan penulis pidato Aquino yang memegang jabatan asisten sekretaris.

Saat mengikuti KTT tersebut, Mislang nge-tweet mengenai minuman anggur yang disajikan tuan rumah Vietnam. "The wine sucks @rickycarandang," begitu bunyi tweet wanita tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (30/10/2010).

Tweet menghina minuman anggur tersebut tampaknya untuk merespons pertanyaan dari atasan langsung Mislang, Ricky Carandang, juru bicara Presiden Aquino.

Tweet tersebut pun ramai dibicarakan di negaranya sendiri, Filipina. Banyak warga Filipina mengungkapkan kekesalan mereka pada Mislang lewat Twitter dan situs jejaring sosial, Facebook. Sebagian besar kesal karena Mislang dianggap tidak menghormati negara tuan rumah Vietnam yang tengah dikunjunginya.

Buntutnya, Mislang pun meminta maaf atas komentarnya itu. Juru bicara kepresidenan Filipina, Abigail Valte, mengatakan bahwa Mislang telah memposting permintaan maaf atas komentar kontroversialnya itu. Mislang pun telah menghapus tweet soal anggur tersebut.

Kabarnya, selama di Hanoi, Mislang pun sempat nge-tweet mengenai tidak adanya pria-pria tampan di negeri itu.
(ita/ita)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto