Patung Malin Kundang Tenggelam


PADANG – Warga Kota Padang beberapa hari ini tak akan bisa menyaksikan patung batu Malin Kundang. Sebab, patung tersebut saat ini tengah terendam oleh air laut.

Alhasil, patung legenda anak durhaka yang tengah sujud ini menjadi tak nampak.

Batu lengenda Malin Kundang yang berada di Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat sudah tiga hari ini ditenggelamkan oleh air laut sedalam dua hingga tiga meter.

“Sudah tiga hari Pantai Air Manis diterjang air pasang yang besar. Tidak seperti biasanya, bahkan sampai ke rumah-rumah warga yang berada di pinggir pantai. Batu Malin Kundang juga tersapu ombak,” ujar Ketua Pemuda Pantai Air Manis, Rafles, Sabtu (9/10/2010) malam.

Batu Malin Kundang yang berjarak lima meter dari bibir pantai kerap tenggelam saat air pasang laut sedang tinggi. Saat ini, warga di sekitar pantai pun tengah dihantam banjir rob yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa.

“Kalau airnya surut, batu Malin Kundang ini tertimbun pasir. Biasanya ini terjadi setiap tahun. Warga dalam waktu dekat akan gotong royong menggali pasir yang menimbun batu Malin Kundang,” ujar Rafles.

Warga sadar jika kawasan ini merupakan wisata dan sekaligus legenda yang harus di jaga. “Kalau kita masih menunggu dari pemerintah tidak akan selesai, lebih baik kita bersama merawat tempat wisata ini agar bisa membantu perekonomian masyarakat setempat,” tambah Rafles.

Namun, upaya gotong royong baru bisa dilakukan jika air laut sudah surut. Sebab, saat ini ombak di pantai tersebut masih tinggi hingga meluber ke pemukiman warga.
(teb)