Protes China, Biksu Tibet Naik Motor ke 22 Negara


DHARMASALA - Biksu Tibet yang dalam pengasingan di India, menyambut meriah kedatangan seorang biksu Tibet yang mengunjungi 22 negara mengendari motor. Aksi biksu Tibet petualang ini dilakukan untuk mendesak kemerdekaan atas Tibet dari genggaman China.

Sambil meneriakkan slogan agar China untuk membebaskan Tibet, puluhan biksu yang dalam pengasingan di India menyambut Lhakpa Tsering begitu ia tiba di Dharmasala. Tsering yang mengendarai motor, telah mengunjungi 22 negara untuk membawa pesan kemerdekaan Tibet.

Saat tiba, biksu lain langsung mengarak Tsering ke sekolah di mana dia dibesarkan sebagai anak yatim piatu 40 tahun lalu.

"Saya hanya berpikir harus ada seseorang yang bisa menyuarakan aspirasi warga Tibet. Saya memutuskan untuk melakukan perjalanan keliling dunia, memberitahu warga dunia mengenai pentingnya kemerdekaan Tibet," ungkap Tsering seperti dikutip Associated Press, Jumat (29/10/2010).

Menurut biksu berusia 41 tahun tersebut, dia merasa berhasil dengan apa yang rasakan sekarang.
Dirinya yakin jika dunia mendengar pendapatnya tentang China yang mencaplok wilayah Tibet dan mendesak Negeri Tirai Bambu untuk memerdekakan Tibet.
(faj)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto