Google Hotpot, Mesin Rekomendasi untuk Lokasi


CALIFORNIA - Google baru saja mengeluarkan Hotpot, sebuah rilisan awal dari mesin rekomendasi lokasi.

Kini sudah jelas bahwa lokasi adalah salah satu segmen dengan pertumbuhan tercepat di industri teknologi saat ini. Di Hot Pot, Google telah meng-update macam Places, Images, Latitude dan layanan lainnya. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (17/11/2010).

Hotpot mengambil semua peringkat Google Places dan fitur review dan menambahkannya dengan sentuhan yang lebih personal. Baru-baru ini Place Pages kebanyakan berisi data review dari sumber-sumber seperti Yelp. Dengan Hotpot, para pengguna akan dianjurkan untuk me-review bisnis langsung dari profil yang tersambung dengan Google. Rating dan review dari para pengguna dilacak dengan sebuah penghitung di atas masing-masing profil. Like dan dislike akan digunakan di dalam mesin rekomendasi Google.

Bagian lain dari Hotpot adalah fitur sosialnya. Para pengguna dapat membuat profil dengan nama panggilan untuk memisahkan akun Hotpot mereka dari profil umum Google mereka. Google menggunakan akun Gmail dan tersambung dengan profil Google untuk membantu para pengguna menemukan teman-teman mereka. Review dari teman dan rating akan bisa terlihat, dan pengguna juga akan mendapatkan rekomendasi berdasarkan dari yang teman mereka suka.

Sebelumnya kita semua telah melihat Facebook melalui Places juga ikut terjun di layanan berbasis lokasi, akan tetapi kita belum tahu metode atau rancangan seperti apa yang sudah diselesaikan untuk Hotpot.

Tidak hanya Google yang mencoba untuk mengalahkan Facebook dengan mesin rekomendasi tempatnya, itu juga memberikan bisnis lebih banyak alasan untuk mencoba layanan ini. (srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto