Jamaah Haji Indonesia Suspect Flu Babi


MAKKAH- Jelang pelaksanaan puncak wukuf di Arafah, isu tak sedap membayangi jamaah calon haji. Tiga jamaah calon haji terpapar flu babi. Salah satunya jamaah asal Indonesia.

"Dari pemeriksaan yang dilakukan kemudian diketahui yang bersangkutan terkena H1N1," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Wan Alkadri kepada wartawan di Makkah, Sabtu (13/11/2010).

Hal itu diketahui setelah petugas melakukan pemeriksaan terhadap 200 jamaah yang sudah memeriksakan diri selama di Tanah Suci. Kemudian ditemukan satu pasien terkena pneumonia. Jamaah itu mengalami gangguan paru-paru dan demam. Jamaah tersebut berasal dari embarkasi Surabaya tanggal 26 Oktober. "Tapi dia baru diketahui terpapar flu babi pada 9 November," jelas Al Kadri.

Mengingat masa inkubasi virus ini hanya seminggu, sehingga dimungkinkan terinfeksi di Tanah Suci. Pasien itu telah dirawat di rumah sakit Arab Saudi. "H1N1 tidak sebahaya H5N1. Probabilitasnya lebih rendah," ujar Alkadri. Selain jamaah haji asal Indonesia terdapat juga jamaah asal India dan Inggris yang juga terpapar flu babi.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto