Kirim Uang Lewat Ponsel Bisa Secepat SMS


Jakarta - Telkomsel meluncurkan solusi transfer uang elektronik (e-money) berbasis layanan mobile wallet bernama T-Cash Kirim Uang. Pelanggan operator itu sudah bisa melakukan pengiriman uang langsung dari ponselnya ke ponsel pelanggan Telkomsel lain, secepat mengirim SMS.

Menurut General Manager Mobile Commerce Management Telkomsel Denny Abidin, pelanggan yang menerima kiriman uang di ponselnya, sudah bisa langsung melakukan penarikan tunai di seluruh outlet Indomaret.

"Dengan wilayah geografis Indonesia yang sangat luas, T-Cash Kirim Uang merupakan solusi yang sangat tepat bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan transfer uang dengan cara yang mudah, sekalipun tidak memiliki rekening di bank," ujarnya dalam sebuah kesempatan di Bogor, Sabtu (13/11/2010).

Denny menegaskan, dengan menggunakan layanan T-Cash di ponselnya, pelanggan bisa mengirim uang secara cepat, aman, dan murah, kapan saja dan di mana saja.

"Ini salah satu wujud komitmen kami dalam menyediakan solusi layanan mobile lifestyle terbaik dan terdepan," demikian ucapnya.

Pelanggan kartuHalo, Simpati, dan Kartu As yang ingin memanfaatkan layanan Kirim Uang harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan T-Cash di ponselnya dengan menghubungi *828*1#.

Selanjutnya pelanggan mengisi saldo T-Cash di GraPARI atau outlet Indomaret terdekat. Untuk melakukan pengiriman uang, hubungi *828#, kemudian pilih menu 'Kirim Uang'.

Setelah memasukkan nomor ponsel penerima uang dan jumlah nominal uang yang dikirim, pelanggan akan memperoleh SMS berisi notifikasi pengiriman uang.

Selanjutnya e-money yang dikirim tersebut dapat diambil secara tunai oleh penerima di kasir Indomaret di seluruh Indonesia hanya dengan menunjukkan SMS notifikasi yang diterima pada saat proses pengambilan tersebut.

Pelanggan bisa mengirimkan uang berkali-kali dalam satu hari dengan nominal pengiriman Rp 1.000 hingga Rp 1 juta untuk sekali pengiriman. Jumlah nominal uang yang dikirimkan melalui layanan T-Cash Kirim Uang maksimal Rp 1 juta setiap harinya dan Rp 20 juta setiap bulannya.

"Pelanggan dikenakan biaya Rp 1.000 untuk sekali pengiriman uang," kata Denny.

Pengiriman uang hanya dapat dilakukan pelanggan yang sudah mengaktifkan layanan T-Cash Full Service, yang secara otomatis sudah langsung bisa dinikmati pelanggan kartu Halo. Sementara pelanggan Simpati dan Kartu As harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan Full Service dengan melakukan registrasi di Grapari atau Gerai Halo.

T-Cash yang merupakan singkatan dari Telkomsel Cash, merupakan layanan mobile wallet yang memungkinkan ponsel pelanggan berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang--digital cash atau e-money--yang siap digunakan untuk bertransaksi dengan nominal hingga Rp 5 juta.

Dengan menggunakan T-Cash, pelanggan dapat melakukan pembelian barang seperti pulsa isi ulang, token PLN prabayar, serta produk di merchant T-Cash. Juga bisa untuk pembayaran tagihan semisal kartu Halo, TelkomVision, PLN, PDAM, serta pengiriman uang dan pengambilan tunai.

"Seluruh aktivitas ini dapat dilakukan dengan mengakses *828# yang merupakan single menu browser untuk semua layanan T-Cash," jelas Denny.

Dalam menghadirkan layanan T-Cash, lanjut dia, Telkomsel menjadi integrator sekaligus service provider yang didukung sepenuhnya oleh Bank Indonesia sebagai regulator.

Bekerjasama dengan lebih dari 260 merchant penjual barang dan jasa seperti Indomaret, Tokobagus, Fuji Image Plaza, Perguruan Tinggi penyedia konten akademis, dan lainnya, Telkomsel mengklaim telah menggelar lebih dari 7.000 titik layanan T-Cash yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

"Saat ini layanan T-Cash telah digunakan lebih dari tiga juta pelanggan," tandas Denny.

( rou / rns )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto