Lima Waralaba Asing Bidik Pasar Indonesia


VIVAnews - Lima waralaba dari tiga negara menjajaki pasar franchise di Indonesia. Tiga negara itu adalah Korea, Singapura, dan Malaysia.

Waralaba dari Korea adalah Korea Trade (Kotra) dan Bop Pop by Dely Majo, sedangkan Singapura adalah SMB Global (konsultan pemasaran dan periklanan) dan Sports (peralatan kebugaran dan olah raga). Selanjutnya, waralaba dari Malaysia adalah Mari-Mari Ice Cream.

Sementara itu, berbagai jenis usaha franchise seperti food and beverages masih mendominasi sebesar 50 persen pada ajang pameran bisnis waralaba yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) Indonesia. Selebihnya adalah bisnis kecantikan, kesehatan, ritel, pendidikan, hingga otomotif.

"Tahun ini berbeda dari sebelumnya karena menampilkan waralaba asing," kata Ella Haryanto, manajer komunikasi, Panorama Convex sebagai event organizer di Jakarta Minggu, 14 November 2010.

Ella menjelaskan, bagi masyarakat yang berminat menerjuni bisnis waralaba, penyelenggara juga menghadirkan IB Perbankan Syariah, guna menawarkan pembiayaan dengan mengedepankan prinsip syariah. Bank-bank syariah itu akan menawarkan sejumlah dana untuk pembiayaan usaha kepada para calon pengusaha waralaba yang kesulitan atau kekurangan modal.

"Kami targetkan pengunjung lebih dari 20.000 orang. Hingga kemarin animo masyarakat mencapai 14.000 orang," ujar dia.

Upaya mengembangkan bisnis waralaba itu, menurut Ella, juga ditopang Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Kementerian Perdagangan. "Kami harapkan ini dapat menjadi barometer perkembangan industri waralaba di Indonesia," tuturnya.
• VIVAnews
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto