Microsoft Lync Diluncurkan untuk Pasar Indonesia


JAKARTA - Microsoft Indonesia hari ini meluncurkan Microsoft Lync, yang sebelumnya dikenal dengan nama Office Communications Server (OCS) dan menjadi pionir era baru komunikasi dalam dunia bisnis. Sejak 17 November 2010, konsumen bisnis dapat mengunduh versi percobaan Lync secara cuma-cuma melalui www.microsoft.com/lync.

Soft-phone (telepon yang dilakukan dengan software) ini dapat membuat koneksi menjadi pertemuan tatap muka secara virtual. Kini setiap interaksi dapat menyertakan video dan konferensi audio, melakukan kegiatan berbagai aplikasi dan dekstop serta layanan pesan singkat dan telefon. Lync juga bekerja dengan aplikasi-aplikasi yang dikenal dan digunakan saat ini, termasuk Microsoft Office, SharePoint dan Exchange. Microsoft Lync juga bisa melakukan conference secara real-time untuk 250 orang.

"Lync merefleksikan visi kami untuk menyatukan suara perusahaan melalui layanan pesan singkat, web, audio dan konferensi video, menjadi satu pengalaman komunikasi yang baru," ujar Sutanto Hartono, President Director PT. Microsoft Indonesia pada acara peluncurannya di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (16/11/2010). "Dengan soft-phone ini meeting tidak harus dilakukan secara face to face dan bisa save cost,"

PT. Medco E&P Indonesia, kelompok perusahaan terkemuka Indonesia di bidang minyak dan gas Bumi, adalah salah satu perusahaan pertama yang mengadopsi solusi ini dan mulai memanfaatkan Lync sebagai sistem komunikasi untuk 3.000 karyawannya mulai bulan Juli 2011 mendatang.

"Lync sangat sesuai dengan lingkungan kami saat ini, sehingga kami tidak perlu 'membongkar dan mengganti' apa yang telah digunakan saat ini," kata Syamsurizal Munaf, Director of Technical Shared Service, PT. Medco E&P Indonesia.

Lebih dari 40 mitra mengumumkan lebih dari 100 buah layanan baru dan perangkat pendukung yang dirancang khusus untuk Lync. Produk-produk perangkat keras meliputi headsets, webcams, telfon internet protocol, sistem telepresence dan endpoints USB yang dioptimalkan untuk penggunaan Lync, mulai dari mitra seperti Polycom, Aastra, Plantronics, Jabra, ClearOne, Logitech, Radvision dan lain-lain.

Saat ini lebih dari 400 mitra sedang membangun aplikasi di atas platform Lync untuk berbagai tipe dan ukuran organisasi, baik organisasi publik maupun privat. Solusi piranti lunaknya mencakup pusat kontak, pencatatan telfon, akunting, layanan bagi pengawasan performa dan aplkasi-aplikasi baru yang menggabungkan komunikasi dengan proses bisnis, dengan mitra-mitra seperti Computer Talk, Psytechnics, Aspect, Quest Software, PrarieFyre dan Mind.

Microsoft Lync 2010 dan Microsoft Lync Server 2010 akan tersedia bagi berbagai ukuran bisnis dan dapat dibeli mulai tanggal 1 Desember 2010. Microsoft Lync Online akan tersedia sebagai bagian dari Office 365, di tahun depan, dengan kapabilitas suara tersedia di akhir tahun 2011. Lync Online termasuk menyediakan layanan pesan singkat, kehadiran secara maya / online, konferensi audio dan video serta telfon suara dari satu komputer ke komputer lainnya.

Microsoft Lync adalah sebuah keluarga brand baru dari produk yang sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Communications Server, Microsoft Communications Online dan Microsoft Communicator.

Sementara untuk harga, Microsoft Lync akan memberitahukan harganya pada tanggal 1 Desember nanti. Sutanto Hartono juga menambahkan bahwa 25 persen perusahaan pelanggan Microsoft sudah menggunakan software ini.

"Selain digunakan untuk komunikasi, Microsoft Lync juga bisa digunakan untuk melakukan pelatihan jarak jauh," ujarnya.
(srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto