Arab Saudi Bikin Mobil Nasional Pertama


ARAB SAUDI- Pada bulan maret lalu saat gelaran Geneva Auto Show 2010, para mahasiswa King Saud University, meluncurkan desain pertama dari calon mobil nasional mereka.

Kini nampaknya keinginan mereka untuk mewujudkan desain tersebut menjadi sebuah mobil nyata akan segera terwujud.Baru-baru ini pemerintah Saudi dikabarkan mendukung sepenuhnya kehadiran mobil nasional tersebut.

Menurut Reuters, proyek tersebut akan dilakukan oleh Wadi al-Riyadh Technology dengan dukungan teknis dan keuangan dari sebuah perusahaan asal Korea yang belum diungkapkan.

Tetapi kemungkinan perusahaan yang dimaksud tak lain adalah Hyundai atau Kia. Tak tanggung-tanggung, dana yang disiapkan untuk mewujudkan itu semua adalah senilai USD 500 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun.

Universitas King Saud pun membuat kesepakatan dengan perusahaan mobil Korea untuk membangun perusahaan mobil baru.

Nantinya 15 persen dari pembiayaan pembangunan perusahaan baru itu akan dibebankan ke universitas, 30 persennya akan ditanggung perusahaan Korea dan sisanya akan ditawarkan kepada investor.

Mobil itu akan disebut dengan Ghazal 1 dan merupakan kendaraan yang pertama yang dibangun di Arab Saudi.

Menurut rencana, sebuah prototype mobil berkemampuan off road tersebut akan hadir dalam waktu dua tahun mendatang.Setelah itu akan segera dibuat versi produksi, dan direncanakan untuk dapat diekspor ke negara-negara teluk dan Afrika.

“Mobil tersebut cocok untuk digunakan penduduk lokal, meskipun menggunakan basis Mercedes-Benz Gelandewagen namun berbeda, karena lebih ekonomis,” ujar juru bicara Universitas.
(uky)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto