Generasi Terbaru Suzuki Jimny Bakal Masuk Indonesia?


NEW DELHI- Menyusul kehadirannya di Jepang belum lama ini, ternyata Suzuki juga berniat untuk memasarkan generasi terbaru Jimny di beberapa negara lain di Asia.

Satu negara yang dituju yakni India. Maruti Suzuki India Limited (MSIL) telah mengumumkan pihaknya akan menghadirkan satu Small Sport Utility Vehicle (SUV) baru untuk pasar di negara tersebut sebagaimana yang telah terjadi di Jepang.

Belum ada rincian mengenai spesifikasi Jimny yang bakal masuk negara-negara di luar Jepang. Namun bila merujuk pada Suzuki Jimny yang ada di Negeri Sakura itu, maka SUV mungil tersebut bakal menggendong mesin 1.3 liter M13A DOHC yang mampu menghasilkan daya maksimum 80 bhp dengan torsi 110 Nm.

Selain itu ada pula versi mesin dieselnya yang berkapasitas 1.5 liter dengan daya 65 bhp serta torsi maksimum sebesar 160 Nm.

Sementara itu pejabat senior MSIL yang tidak disebutkan namanya berujar Maruti Suzuki tengah membuat portofolio yang kuat terhadap SUV kecil ini. Kemungkinan Jimny bakal hadir dengan varian mesin diesel 4 pintu serta mesin bensin 2 pintu.

Jimny juga diprediksi hadir untuk memperkuat Suzuki di segmen SUV dengan mendampingi Grand Vitara yang penjualannya tidak terlalu siginifikan.

Dengan hadirnya Jimny terbaru ini maka total ada 7 model yang bakal dihadirkan oleh MSIL dalam dua tahun kedepan, yakni Suzuki Alto, satu MPV (Multi Purpose Vehicle) baru yang didasarkan atas konsep RIII, Esteem versi sedan, Kizashi, Swift generasi terbaru, serta SX4 diesel.

Yang menarik adalah, jika Suzuki Jimny telah hadir di India, apakah ini pertanda bahwa SUV tersebut juga bakal masuk ke Indonesia? Mengingat beberapa mobil Suzuki yang beredar di dalam negeri mengacu pada Maruti Suzuki India seperti Karimun Estilo serta Suzuki Splash. (uky)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto