George Clooney, Google Monitor Perbatasan Sudan


NEW YORK - George Clooney mencoba untuk terjun dalam urusan kemanusiaan dunia dengan mendirikan yayasan yang diharapkan dapat menghentikan perang saudara di Sudan.

Yayasan yang bertajuk 'Not On Our Watch' ini baru saja berhasil mengembangkan sebuah satelit untuk memonitor kondisi perbatasan antara Sudan selatan dan utara. Satelit ini akan digunakan untuk mencegah terjadinya perang saudara setelah Sudan selatan melakukan pemilu untuk menuntut referendum pemisahan wilayah.

Dilansir melalui Straits Times, Rabu (29/12/2010), salah satu aktor Ocean's Eleven ini merupakan penyumbang dana tunggal untuk proyek satelit Sentinel. Satelit tersebut akan diupayakan untuk mengirimkan data/gambar kondisi terkini di perbatasan Sudan itu.

Nantinya gambar real-time itu akan dikombinasikan dengan analisa lapangan yang dilakukan oleh Harvard Humanitarian Initiative melalui program 'Enough Project'.

Upaya Clooney ini akan menunjukkan secara real-time kondisi pergerakan tentara, masyarakat sipil dan tanda-tanda lain yang menunjukkan adanya konflik di masa depan. Kemudian program aplikasi operasional satelit milik PBB dan Google akan mempublikasikan temuan ini di dunia maya.

Baik Clooney, Google, pihak Harvard, maupun PBB berharap dengan upaya ini mereka dapat memberikan peringatan dini kepada masyarakat dan mengurangi resiko timbulnya kekerasan yang lebih berbahaya. (srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto