Ini Dia Game Android yang Disusupi Program Jahat


Jakarta - Geinimi tidak hanya menjadi malware pengintai, tapi juga melakukan pencurian data pribadi. Program jahat ini juga terbilang istimewa karena mampu berkomunikasi dengan penciptanya untuk melakukan beberapa peritah, misal mengambil alih ponsel korbannya.

Selain itu Geinimi juga mampu melaporkan posisi korbannya melalui kordinat GPS, jenis ponsel yang digunakan, informasi nomor kartu yang digunakan, dan semua data tersebut diunggah pada 10 alamat situs yang berbeda. Itulah yang membuat program jahat ini mendapat predikat sebagai malware paling canggih di Android saat ini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lookout Mobile Security, salah satu perusahaan penyedia jasa keamanan internet di Amerika Serikat, mengungkap bahwa Geinimi memulai aksinya dari aplikasi market pihak ketiga yang ada di China. Kemudian malware ini juga mendompleng beberapa game kondang.

Dikutip detikINET dari PCMag, Jumat (31/12/2010), Geinimi diketahui menyusup ke dalam beberapa game yakni, Monkey Jump 2, Sex Positions, President vs Aliens, City Defense, and Baseball Superstars 2010.

Belum diketahui apa malware ini juga behasil menyusup ke dalam Android Market, atau pun penyedia aplikasi lain seperti GetJar.

"Hati-hati ketika Anda ingin mendownload aplikasi ke perangkat mobile, lihat dulu reputasi pengembangnya dan aplikasi tersebut," saran Kevin Mahaffey, Pakar virus dari Lookout Mobile Security.
( eno / fyk )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto