Seberapa Efektif Sepatu Lari Barefoot?


INILAH.COM, Jakarta- Sepatu lari barefoot yang menyesuaikan bentuk dengan karakteristik kaki dianggap menciptakan dinamisme gerakan di permukaan jalan yang tidak rata. Benarkah?

Karena bobot sepatu tidak muncul di kaki depan, maka sepatu ini cukup fleksibel untuk merespon medan yang tidak rata dan stabil untuk otot kaki belakang mendorong tubuh ke depan. Bahkan, karena tendon Achilles, tendon tibial posterior dan tendon peroneal (pusat kekuatan penggerak) berada di kaki belakang, penumpukan tumit saat menekan tanah menjadi lebih sedikit saat berlari di permukaan alami seperti rumput dan tanah.

Sayangnya, sepatu itu terlalu dinamis karena mengurangi tekanan kaki. Kurangnya tekanan tumit pada permukaan tidak wajar, bukan rumput atau tanah tidak dicontoh sepatu ini seperti yang dilakukan di permukaan yang alami.

Sepatu tersebut menjadi tidak berfungsi karena kaki membutuhkan alas tumit yang nyaman untuk memberikan tekanan di jalan yang tidak biasa, seperti bebatuan, bergerigi dan tidak rata. Meskipun, dengan sepatu ini tumit mendapatkan tekanan yang minimal di permukaan alami.

Pelari yang mengunakan sepatu barefoot akan merasakan dinamika yaitu penurunan kekuatan penggerak yang diberikan oleh jempol kaki karena kontraksi otot menjadi terbatas dan tidak efisien. Jika dinamika tersebut terus terjadi, sepatu tersebut akan bergantung pada stabilitas kaki depan untuk daya penggerak. Ini yang malah membuat kaki terus-terusan menyesuaikan diri.

Akibatnya, pelari akan merasakan nyeri sendi metatarsal, dan rasa sakit di bagian bawah kepala metatarsal kedua, tendinitis Achihlles, plantar fasciitis, poterior tibial tendinitis dan peroneal tendinitis.

Lalu siapa saja yang bisa menggunakan sepatu barefoot dengan nyaman?

Sangat sedikit orang yang bisa menggunakan sepatu tersebut. Mereka hanyalah pihak yang memiliki stabilitas metatarsal pertama dan memiliki otot kaki bawah yang sangat kuat.[ito]
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto