Apa Saja Dampak Pembobolan di PS3?


Jakarta - Berkat kecerdikan seorang hacker, proteksi PlayStation 3 (PS3) berhasil dibobol hingga ke bagian dalam. Selain bisa memainkan game bajakan, dampak dari aksi tersebut ternyata juga memiliki efek lain.

PS3 telah dibobol oleh hacker berinisial Geohot --pembobol iPhone--. Akibatnya, kini gamer dapat menginstall aplikasi pihak ketiga dan kemungkinan bisa memainkan game bajakan, atau malah bermain online di PlayStation Network (PSN) tanpa terendus oleh Sony.

Meski belum ada laporan resmi tentang hal tersebut, namun semua itu bisa saja terjadi mengingat Geohot telah menyebarkan 'kunci' dari seluruh sistem keamanan yang terkait dengan PS3. Nah, Hal inilah yang membuat Sony begitu geram dan berusaha mati-matian untuk mengenyahkan root key tersebut dari internet.

Dikutip detikINET Atomicgamer, Senin (17/1/2011), jika ancaman tersebut benar terjadi, maka ini adalah malapetaka bagi Sony beserta layanannya. Bayangkan saja jika ada gamer yang bisa bebas 'mencuri' thropy dari PSN, atau bermain multiplayer tanpa khawatir di-banned oleh Sony.

Langkah Sony yang ingin menyeret Geohot ke ranah hukum pun tampaknya tidak membuahkan hasil. Selain sang pelaku menolak untuk menghentikan aksinya, root key tersebut juga sudah beredar luas di internet dan hampir mustahil untuk dilenyapkan. ( eno / fyk )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto