Google Amankan Layanan untuk Warga Iran


SAN FRANCISCO - Google kini telah menghadirkan untuk pertama kalinya software pemetaan, photo-sharing dan web-browsing kepada masyarakat di Iran, tapi memblokir aksesnya untuk komputer pemerintah Iran.

Google bekerjasama dengan beberapa pihak resmi AS yang membuat Google Earth, Picasa dan Chrome, agar bisa diunduh di Iran. Demikian seperti yang dikutip dari AFP, Rabu (19/1/2011).

"Untuk pertama kalinya kita menghadirkan Google Earth, Picasa dan Chrome tersedia untuk diunduh di Iran," tulis Neil Martin, Export Compliance Programs Manager dari Google, dalam sebuah blog.

"Sebagai syarat dan kondisi dari lisensi ekspor program kami, Google akan terus memblokir IP address yang berhubungan dengan pihak pemerintah Iran," jelas Martin.

Sangsi dari pemerintah AS untuk pemerintah Iran sebelumnya melarang pengunduhan software di sana. Kini beberapa dari larangan tersebut sudah ditarik.

"Produk kami dirancang khusus untuk membantu orang-orang berkomunikasi, berbagi pendapat dan menemukan informasi," kata Martin.

"Dan kami percaya bahwa dengan lebih banyak produk, berarti lebih banyak pilihan, lebih banyak kebebasan, dan kekuatan lebih untuk individu-individu di Iran," tambah Martin.
(srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto