Katakan dengan PlayBook


TEMPO Interaktif, Jakarta - Apa yang membuat seorang bintang tiba-tiba melejit kariernya mengalahkan jutaan calon artis lainnya yang antre di Hollywood? Kemujuran saja jelas tak cukup. Mereka butuh kecerdasan seperti Julia Roberts, kecantikan seperti Angelina Jolie, dan tentu saja kematangan akting ala Meryl Streep (dia 16 kali dinominasikan di Piala Oscar dan 25 kali di Golden Globe, serta menyabet tujuh penghargaan dari kedua perhelatan itu).

PlayBook ingin menjadi bintang Hollywood seperti itu. Komputer layar sentuh yang kini ditunggu-tunggu penggemar BlackBerry ini ingin jadi superstar yang punya segalanya. "Kami menyodorkan teknologi terbaik di komputer tablet," Gregory Wade, Managing Director RIM, dalam acara BlackBerry Developer Conference di Nusa Dua, Bali, pertengahan Januari lalu.

Meski agak telat, PlayBook serius ingin bertanding head-to-head melawan iPad, yang diluncurkan sejak April tahun lalu dan telah terjual lebih dari 8 juta unit. Setahun ini RIM bekerja keras untuk itu.
PlayBook akan memainkan pesonanya ala bintang Hollywood untuk menantang iPad. Pesona pertama adalah prosesor dual core. PlayBook akan menjadi komputer layar sentuh tercepat. "Prosesor ini penting untuk membuat PlayBook bisa menjalankan the true multitasking, membuka lebih dari satu aplikasi pada saat bersamaan, seperti komputer biasa," kata Senior Director RIM Francois Mahieu. iPad dan tablet-tablet Android, seperti Samsung Galaxy Tab, belum punya prosesor seperti ini. Tempo menjajal untuk memutar video bersamaan dengan memainkan game tiga dimensi Quake II. Hasilnya? Dua aplikasi itu berjalan bersamaan secara mulus.

Pesona kedua, ujar Mahieu, PlayBook menawarkan kenikmatan multimedia yang komplet. Peranti ini enak mendukung animasi Flash 10.1 dan Adobe Air. Dua animasi inilah yang dihindari iPad. Alasan Steve Jobs, pendiri Apple, kedua aplikasi itu membikin baterai cepat terkuras energinya. PlayBook sendiri belum mengumumkan daya tahan baterainya.

Para peserta BlackBerry Developer Conference pun terpesona oleh PlayBook. "Wah, dua bulan saya menggunakan Android, begitu menyentuh PlayBook terasa 'cupu'," kata seorang peserta. Kekaguman itu terlihat dari ramainya kicauan di Twitter. Kehalusan animasi PlayBook telah mengalahkan Samsung Galaxy Tab dan menyamai iPad.

Tahun ini adalah tahun tablet. Nieman Journalism Labs memperkirakan, penjualan komputer tablet, seperti iPad, akan mencapai 70 juta unit. Dari jumlah itu, 50 juta unit adalah iPad. PlayBook bisa merebut kue 15 persen. iPad kini juga menyiapkan pukulan balik. Contohnya, menyiapkan dual prosesor dan slot untuk flash disk. iPad bisa tetap menjadi yang terbaik.

Sebuah "bintang" baru telah lahir. Dunia tak sabar menunggunya atau menantangnya.

BURHAN SHOLIHIN
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto