Steve Jobs Cuti, Apple Rentan 'Diterkam' Macan Asia


Jakarta - Absennya Steve Jobs dari Apple karena masalah kesehatan dinilai dapat dimanfaatkan para rival untuk melakukan gempuran. Samsung dan Sony adalah dua nama yang dianggap dapat mengeksploitasi rehatnya Jobs.

Kesuksesan Apple memang sering dihubung-hubungkan dengan Jobs. Rilis gadget sukses seperti iPod, iPhone sampai iPad tak lepas dari tangan dinginnya. Kini dia tengah cuti dan Apple rentan 'diterkam' para macan asia.

Para vendor dari Asia saat ini adalah lawan berat Apple. Dan di sisi lain, Apple pun banyak menyewa produsen asal Asia untuk membuat produk-produk suksesnya. Para analis menilai bahwa tanpa Jobs, bisa jadi Apple kelimpungan melawan nama-nama seperti Sony atau Samsung.

"Saya nilai Sony bisa mengambil inisiatif untuk membuat langkah strategis (dalam situasi ini)" ujar Hiroshi Sakai, analis di SMBC Friend Securities, dikutip detikINET dari AFP, Rabu (19/1/2011).

Selain Sony, Samsung juga dipandang dapat memetik keuntungan dari absennya Jobs. Apalagi jika Jobs cuti dalam waktu lama dan Apple mandeg berinovasi sehingga konsumen mulai beralih ke produk lain.

Samsung disebut-sebut sebagai rival terberat Apple saat ini. Mereka berkompetisi di ranah tablet sampai smartphone, di samping menyediakan beberapa komponen untuk produk-produk Apple.

"Apple sangat tergantung pada Steve Jobs. Jika masalah (cuti Jobs) berlanjut dan kekhwatiran mengenai masa depan Apple jadi isu jangka panjang, Samsung memiliki banyak celah untuk memetik keuntungan," ucap Ha Joon-Doo, analis senior Shinhan Investment Corporation. ( fyk / ash )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto