CR7 Atlet Paling Efektif di Jejaring Sosial

CALIFORNIA - Bintang sepakbola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, ditahbiskan sebagai atlet paling efektif dalam jejaring sosial. Demikian klaim salah satu petinggi Facebook, Christian Hernandez.
 
Berbicara di Global Sports Forum di Barcelona pekan ini, Hernandez memuji cara pemain Real Madrid itu memberikan gambaran kehidupannya di luar lapangan kepada jutaan fansnya di seluruh dunia.
 
"Cristiano Ronaldo adalah atlet terbaik dalam mempromosikan dirinya melalui jejaring sosial," tukas Hernandez selaku Head of International Business Development Facebook sebagaimana dikutip Tech Digest, Minggu (13/3/2011).
 
“Semua orang masih ingat kehebohan ketika dia mempublikasikan foto anaknya di Facebook. Sementara, Real Madrid, Barcelona dan Manchester United sejauh ini adalah klub terbaik dalam memanfaatkan jejaring sosial. Respon fans mereka sangat baik,” lanjutnya.
 
"Sebaliknya, saya tahu ada ketegangan antara sejumlah pemain Premier League (Liga Inggris), klub dan FA. Para pemain ingin bisa bebas mengekspresikan diri mereka. Namun, cerita-cerita yang kita dengar belakangan ini menunjukkan bahwa mereka tidak bisa melakukannya," tambah Hernandez lagi.
 
Lebih lanjut, Hernandez juga mengkritik pemain-pemain yang memanfaatkan jasa pihak ketiga untuk berinteraksi dengan fans mereka. Hernandez merujuk pada bintang Manchester United dan Inggris, Wayne Rooney.
 
"Mereka yang menggunakan Facebook dengan buruk adalah pada atlet yang tidak mewakili diri mereka (di jejaring sosial). Contohnya, Wayne Rooney. Yang dia lakukan bukanlah sesuatu yang ingin anda dengar sebagai seorang penggemar," tutup Hernandez.
(van)