Di Indonesia Apple Terancam 'Mendua'


JAKARTA - XL Axiata secara gamblang mengakui bahwa micro SIM mereka sudah terjual hingga 9 ribu unit, kebanyakan memang dari pengguna iPad yang jumlahnya mencapai 8 ribu pengguna. Padahal, XL bukan mitra distributor resmi yang digandeng Apple.

Minat pengguna produk Apple di Indonesia memang tergolong cukup tinggi. Buktinya, dalam data yang dimiliki oleh XL, ada 30 ribu pengguna iPhone yang masuk dalam jaringan XL. Sehingga jika ditambahkan dengan pengguna, bisa mencapai 38 ribu lebih pengguna XL yang menggunakan produk besutan Steve Jobs tersebut.

Dengan angka tersebut, wajar kiranya Apple turut menggandeng XL sebagai mitra bisnis mereka di Indonesia. Namun apakah rencana tersebut akan berjalan secara mulus?

"Idealnya sih memang begitu. Kita lihat saja antusias pengguna iPhone 4 dan iPad di Indonesia. Banyak produk Apple yang sering kosong," tukas Head of MDS Device Management XL, Agung Wijanarko, kepada okezone, di Jakarta, Selasa (8/3/2011).

Lalu apakah ini menjadi tanda XL turut menggandeng Apple sebagai mitra distributornya?

"Kita tunggu saja. Semuanya akan kita umumkan. Saya belum bisa memberitahunya sekarang," cetusnya.

Jika kabar ini benar, maka bisa dipastikan Apple akan terancam 'mendua'. Pasalnya, Apple seperti diketahui telah menggandeng Telkomsel sebagai mitra distributor mereka secara eksklusif di Indonesia. Beberapa produk Apple, seperti iPhone 3G, iPhone 3GS dan iPhone 4, dibundling oleh Telkomsel.

XL sendiri menatap penjualan micro SIM yang jauh lebih besar di tahun 2011 ini. Bahkan tidak tanggung-tanggung, operator tersebut siap menjual micro SIM 25 ribu selama sebulan atau sama dengan 350 ribu micro SIM dalam setahun.

Ditanya apakah XL sudah siap memasok kartu mini tersebut? Agung berseloroh,"Yang harusnya ditanya siap atau tidak itu Apple. Siap tidak memasok iPad dan iPhone 4 mereka,"
(tyo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto