Porsche Akan Produksi Supercar Pesaing Ferrari dan Mclaren


STUTTGARTH – Setelah beberapa waktu lalu produsen mobil asal Jerman, Porsche, berencana untuk memasukkan model terbaru 918 Spyder ke dalam proses produksi. Bila jadi dibuat, Porsche mengatakan bahwa 918 Spyder akan menjadi produk mereka yang paling mahal dengan harga USD 845.000.

Kini, Porsche juga dikabarkan akan membuat sebuah mobil baru. Rencananya, mobil tersebtu akan diposisikan sebagai pesaing dari Ferrari 458 Italia serta Mclaren MP4-12C.

Namun berjalannya rencana tersebut, tetap harus menungggu keputusan sang induk perusahaan, Volkswagen. “Kami sedang mencari cara untuk memperluas jangkauan produk kami,” ujar kepala Porsche Mathias Muller. “Kami punya ide untuk membuat model lain, produk bermesin tengah,” lanjutnya.

Mathias juga mengatakan bahwa mobil tersebut akan mengisi jarak antara model 911 dan 918 Spyder. Dengan posisi diatas 911 tetapi tetap berada dibawah 918 Spyder.

“Kami memiliki gagasan tentang styling dan desain, kami akan terus mengembangkannya dalam beberapa bulan mendatang. Kami juga akan mengevaluasi sisi ekonomi dan kemudian memutuskan apakah mobil (baru) tersebut layak untuk diproduksi " ucap Mathias seperti dikutip dari Topspeed, Senin (28/03/2011).

Jika jadi dibangun, model baru tersebut akan ditawarkan dalam dua versi bentuk tubuh, yakni coupe dan roadster. Untuk harganya sendiri, kemungkinan akan berada di kisaran USD 275.000.

Dari kabar yang beredar, mobil baru ini akan menggunakan body yang terbuat dari plastik dan diperkuat serat karbon. Porsche beranggapan bahwa hal ini dilakukan untuk mendapat bobot yang ringan.

”Untuk sumber tenaga, supercar buatan Porsche tersebut harus memiliki tenaga dengan rentang 550-600 HP untuk dapat bersaing dengan penduduk supercar Ferrari dan McLaren,” tulis laman Topspeed.

Sebagai gambaran, Ferrari 458 Italia memiliki tenaga sebesar 570 HP yang berasal dari mesin V8 4.499 cc. Mclaren MP4-12C sendiri menggunakan mesin 3.800 cc V8 twin turbo yang sanggup memberikan tenaga hingga 592hp dan torsi 443 lb-ft. torsi.
(uky)