Samsung 'Rombak' Galaxy Tab untuk Lawan iPad 2


SEOUL - Kehadiran iPad 2 yang agak diluar ekspektasi sebelumnya membuat para kompetitornya menyiapkan strategi ulang dan lebih baru, untuk bisa mengalahkan tablet milik Apple. Salah satu di antaranya adalah Samsung.

Seperti diketahui, saat ini perusahaan asal Korea Selatan tersebut tengah menggodok Galaxy Tab tiga seri sekaligus, dengan tiga ukuran yang berbeda. Namun melihat spesifikasi dari iPad 2, Samsung yakin akan ada perubahan lain.

"Kami sedang melakukan perombakan terhadap tablet ini," cetus Samsung Executive Vice President Lee Don-Joo, saat berbincang dengan kantor berita Yonhap, Senin (7/3/2011).

Dia juga mengakui bahwa iPad 2 agak sedikit berbeda dengan apa yang dipikirkan beberapa analis selama ini. "Apple membuat iPad 2 menjadi sangat tipis," katanya.

iPad 2 beratnya mencapai 1,35 pons (0.6kg), sehingga sepertiga lebih tipis dari iPad asli dan lebih tipis bahkan dibandingkan dengan iPhone 4. Table ini juga memiliki prosesor A5 dual-core, yang diklaim Apple membuat iPad 2 dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Di iPad 2, grafis yang dihadirkan juga sembilan kali lebih cepat, ia memiliki daya tahan baterai 10 jam masa pakai baterai, termasuk built-in giroskop, dan kamera depan dan belakang untuk FaceTime.

Pada acara Mobile World Congress pada tanggal 14 Februari lalu, Samsung memperkenalkan tablet Galaxy Tab 7 inci, Tab Galaxy 10.1. Termasuk dukungan Flash, depan dan belakang kamera, sebuah prosesor 1GHz aplikasi dual-core, dan menjalankan Android 3.0 "Honeycomb".

"Tablet 10 inci akan hadir dengan harga lebih tinggi dari tujuh inci, tapi kita harus berpikir kembali," kata Lee Yonhap.

Samsung mungkin sudah mulai memperkuat portofolio tabletnya, dengan rumor bahwa Galaxy 8,9-inci Tab akan dirilis pada 22 Maret. Namun spekulasi lain muncul, ini dipicu bahwa 3 Maret Samsung mengirimkan email undangan kepada wartawan untuk bergabung bersama eksekutif Samsung untuk sebuah acara di Orlando, Florida, terkait dengan portofolio tablet Samsung.

Walaupun acara tersebut, masih akan dirahasiakan sampai acara resmi digelar oleh Samsung.
(tyo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto