HP TouchPad, Menjanjikan Tapi Diliputi Ketidakpastian


Vegas - Meski lebih fokus ke bisnis enterprise, event Hewlett-Packard Discover 2011 juga memperlihatkan produk konsumernya yakni HP TouchPad. Gadget ini terlihat menjanjikan, namun sayang diliputi ketidakpastian.

Ada empat buah TouchPad yang dipajang dan dijadikan alat demonstrasi di HP Discover yang berlangsung di Hotel Venetian, Las Vegas, Amerika Serikat.

Pada Selasa (7/6/2011) sore waktu setempat, detikINET menyaksikan demo TouchPad yang diperagakan oleh salah satu frontliner yang bernama Jason Santillano. Ia pertama menjelaskan mengenai spesifikasi TouchPad yakni prosesor Snapdragon dual core, layar 9,7 inch dan dua buah kamera depan-belakang.

Sekilas, tablet yang berbalut warna hitam tersebut terlihat sangat elegan. Saat memunculkan keyboard virtual, pengguna dapat mengubah ukuran keyboard tersebut untuk menyesuaikan dengan ukuran jari tangannya.

Salah satu fitur paling menarik dari TouchPad adalah adanya kemampuan untuk berbagi data dengan sesama perangkat HP cukup dengan menyentuhkan keduanya. Fitur ini disebut sebagai touch to share.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mentransfer file atau mengirimkan halaman web yang tengah dibuka. Yang diperlihatkan adalah proses mentransfer sebuah halaman web dari TouchPad ke ponsel Pre3.

Selain itu, TouchPad dapat disambungkan dengan printer HP apapun lewat WiFi untuk melakukan pencetakan. TouchPad juga bisa dipakai untuk menerima telepon asalkan ia sedang terkoneksi dengan ponsel HP.

"Untuk menerima telepon, tidak harus memakai TouchPad yang 3G/4G, yang WiFi pun bisa. Asalkan sudah terhubung dengan ponsel HP," terang Santillano kepada detikINET.

Fitur andalan TouchPad lainnya adalah pada galeri fotonya yang tidak cuma menampilkan foto yang tersimpan di dalam memorinya, tetapi juga foto yang terdapat di galeri di akun Facebook yang sudah dikoneksi ke dalam gadget ini.

Kemarin, CEO HP Leo Apotheker mengklaim bahwa sistem operasi WebOS yang ada di dalam TouchPad adalah sistem operasi yang dioptimisasi untuk pengalaman menjelajahi web.

Selain konektivitas dengan Facebook, tablet yang nantinya akan tersedia dalam versi 3G/4G dan WiFi ini juga bisa menghubungkan kontak yang ada dengan akun media sosial yang dimiikinya. TouchPad juga dapat mensinkronkan kalender dari Facebook, Gmail atau Microsoft Exchange.

Dengan fitur yang cukup mumpuni tersebut, TouchPad terlihat menjanjikan untuk bersaing dengan tablet-tablet sekelas. Hanya saja, publik tampaknya masih harus bersabar menantinya di pasar karena belum ada tanggal definitif peluncuran dan skema harganya.

Sebelum ini, Apotheker hanya menyebut 'will be available soon'. Jawaban yang sama muncul dari Steve Dietch, VP Worldwide Marketing for HP ProCurve Networking, saat ditanya oleh sejumah wartawan dari Asia Tenggara dan India.

"Segera," jawab Deitch, singkat.



( fw / ash )