Tablet Android Toshiba Dipasarkan Juli

SAN FRANCISCO - Setelah memamerkan tablet Android 10,1 inci pada perhelatan Consumer Electronics Show, Januari lalu, Toshiba Corp siap memasarkan tablet pertamanya ke konsumen Juli mendatang.

Ya, perusahaan asal Jepang itu tidak ingin melewatkan potensi besar dari pasar tablet yang kini masih didominasi iPad 2 milik Apple. Toshiba akan mulai memasarkan tablet pertamanya, Thrive, di Amerika Serikat pada 10 Juli. Demikian dilaporkan Reuters, Jumat (3/6/2011).

Seperti telah diperlihatkan pada gelaran CES lalu, Thrive memiliki sistem operasi Android terbaru atau Honeycomb. Fitur lainnya adalah kamera beresolusi 5 megapiksel di belakang dan 2,1 megapiksel di depan.

Dengan bobot 1,6 pon (725 gram) dan ketebalan 0,6 inci (15,24 milimeter), Thrive memang lebih berat dan tebal dibandingkan tablet pada umumnya. Ketebalan itu disebabkan berbagai fitur yang ditanamkan Toshiba seperti port HDMI built-in, USB, mini USB serta slot SD card.

"Ada dua pendekatan yang bisa anda lakukan dalam memproduksi tablet," ujar Jeff Barney selaku Vice President dan General Manager Toshiba.

"Pertama adalah menjadikan tablet seperti smartphone dengan fungsi lebih banyak dan layar lebih besar. Atau dengan menempatkannya seperti laptop. Kami adalah pembuat laptop, jadi kami mengambil pendekatan itu," tambahnya.

Thrive, yang kabarnya hanya mendukung wi-fi, sudah bisa dipesan pada 13 Juni dengan banderol mulai dari USD429.(van)
(tyo)