Thursday, November 17, 2011

Seriusi Layanan Email, Facebook Akuisisi MailRank

Jakarta - Berbagai tambahan fitur di Facebook membuat situs besutan Mark Zuckerberg ini tak sekadar jejaring sosial. Layanan email misalnya, secara serius terus dikembangkannya. Baru-baru ini, Facebook bahkan mengakuisisi MailRank agar layanan email di situsnya lebih profesional.

MailRank, startup yang baru berdiri setahun, memiliki spesialisasi dalam teknologi yang bisa memprioritaskan email. Layanan MailRank mengurutkan email dari urutan yang terpenting, sehingga pengguna bisa fokus pada konten yang benar-benar penting.

Dilaporkan The Times of India dan dikutip detikINET, Kamis (17/11/2011), sesuai kesepakatan akuisisi, duo pendiri MailRank Bryan O'Sullivan dan Bethanye McKinney Blount segera bergabung dengan Facebook. Disebutkan keduanya, Facebook mendapuk MailRank sebagai solusi masalah overload email.

"Kami sangat gembira mengumumkan pendiri MailRank akan bergabung dengan Facebook mulai Desember. Untuk itu, kami akan menghentikan versi private beta MailRank untuk outlook demi fokus pada pekerjaan baru kami," tulis MailRank dalam blog resmi perusahaan mereka. Namun baik Facebook maupun MailRank, tidak menyebutkan nilai akuisisi di antara keduanya.

Keseriusan Facebook mengembangkan layanan email juga memperlihatkan ambisi Facebook dalam upaya ekspansinya di ranah mobile. Awal bulan ini, Facebook juga mengakuisisi developer aplikasi Strobe. Perusahaan ini membantu para developer membuat dan mendistribusikan aplikasi yang bekerja pada perangkat seperti smartphone dan tablet.

Beberapa laporan menyebutkan, akuisisi Strobe dikarenakan ketertarikan Facebook pada bakat sang pendiri Strobe, Charles Jolley. Dia juga pencipta SproutCore, sebuah framework open source. Sebelum mendirikan Strobe, Charles dipercaya menangani pengembangan aplikasi mobile di Apple.




( rns / ash )