Sunday, April 14, 2013

Traceroute 2013



                Pada tanggal 12 April 2013 gw datang ke JCC kebetulan Kresna Securities membuka booth dalam acara Traceroute 2013 yang merupakan The Biggest Internet Party di Indonesia yang diadakan pada tanggal 12 – 14 April 2013. Nah kebetulan gw emang dari dulu suka hal-hal yang berbau teknologi kaya gini hehe. Hari pertama acara ini sendiri belum terlalu ramai banyak juga booth yang belum buka juga, ninggalin jejak sedikit di acara ini gw awali dengan menulis offline tweet di dinding yang sudah disediakan. Lalu mencoba keliling booth lain yaa lumayan dapat beberapa souvenir :p.

                Yang menarik waktu main ke boothnya Mozilla (selain souvenirnya yaa hahaha) adalah gw ngeliat hp yang menunya pernah gw baca sebelumnya, iseng gw tanya ke penjaga boothnya “Itu Firefox OS ya?” dan ternyata penjaga boothnya mengiyakan. Wah kepegang juga nih prototype dari Firefox OS yang basisnya open source dan nantinya akan mirip-mirip android dalam distribusi OSnya ke vendor-vendor yang akan menggunakan OS ini. Utak-atik sana sini memang masih harus banyak perbaikkan disisi tampilan dan performa OS ini, namun jangan anggap remeh kemampuan OS ini. Jika didukung banyak vendor bukan tidak mungkin OS ini bisa sebesar android, jadi teringat beberapa tahun lalu megang android resmi pertama di Indonesia HTC Magic dengan OS 1.6 Donut juga memiliki kesan yang sama dengan Firefox OS versi awal ini.

                Yang ngga disangka-sangka juga bisa bertemu founder dari Kaskus siapa lagi kalo bukan Andrew Darwis. Yaudah deh pas makan siang iseng aja foto-foto bareng beliau hehe. Yah selain yang diceritakan diatas banyak juga kok hal-hal menarik disini yang bisa dinikmati seperti acara musiknya dan talk show yang menarik. Semoga ini menjadi awal terbentuknya komunitas internet dan penggiat teknologi di Indonesia lalu juga sebagai pemicu hadirnya start up –start up lokal yang nantinya bisa mendunia :).