Saat Google (Coba) Menyederhanakan Hidup



                Mumpung lagi libur asyiknya gw berbagi cerita dikit yaa tentang produk-produk google yang gw gunain hehe. Ada banyak banget produk yang google hasilkan baik itu melalui inovasi mereka sendiri maupun dari hasil akuisisi start up namun yang gw ceritain disini mungkin produk google yang benar-benar gw gunain dan sesuai dengan kebutuhan gw. Mungkin banyak yang mengenal google awalnya dari search engine (sama gw awalnya juga gitu hihihi). Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page & Sergey Brin ini sendiri lebih cocok disebut dengan perusahaan iklan terbesar di dunia selain sebagai perusahaan teknologi.

                Entah sejak kapan gw mulai rada fanatik sama produk google tapi seingat gw waktu gw masih SMA, google mulai meluncurkan layanan email gratis Gmail dengan kapasitas besar lalu dengan fitur-fitur yang cukup lengkap seperti akses POP3 dan IMAP4 gratis (jaman dahulu jarang sekali ada email provider yang menyediakan fitur gratis seperti itu). Nah karena dulu ngga semua orang bisa membuat account gmail melainkan harus menggunakan metode invitation, yaa setelah sekian lama kenal jarak jauh dengan blogger yang nama aliasnya “Enwui” dan kebetulan dia sudah ada gmail maka mintalah gw invitation dari dia hahaha. Maklum jaman dulu akses email dari mobile ngga segampang sekarang yang menggunakan sistem push. Gw yang dulu udah mulai aktif dan rada butuh akses informasi cepat mulai cari-cari email alternatif selain Yahoo! Indonesia (kalo yang dulu pakai @yahoo.com juga ngga ada akses POP3 gratisnya hehe) nah gmail pilihan yang tepat. Mulai saat itu email yahoo dan gmail gw mulai gw integrasiin jadi mau orang kirim ke alamat gw yang manapun tetap gw hanya perlu mengecek di satu inbox saja. Ya setelah setting POP3 atau IMAP4 nya selesai di hp gw yang jadul dulu gw jadi bisa nerima notifikasi dan membalas email langsung dari hp (jaman dulu pakai sistem pull itu udah canggih banget hahaha).

                Secara khusus sih gw suka semua yang terintegrasi misal data gw di web, laptop, smartphone dll tetap sama dan apabila salah satu diupdate maka diperangkat lain akan tetap otomatis terupdate juga, nah google memberikan solusi ini buat gw. Nah berikut layanan google yang gw gunakan saat ini:

-Google Search
Nah kalo ini semua orang rasanya sudah tahu yaa, layanan yang bisa diakses dari http://google.com ini sendiri merupakan pemain besar di industri search engine. Biarpun microsoft dan yahoo sudah dilebur menjadi satu ke Bing tapi tetap belum bisa mengalahkan search engine yang satu ini. Hanya saja google search ini rada lemah di pasar-pasar tertentu seperti di China dengan layanan Baidu.

-Gmail
Saat google meluncurkan gmail (bisa diakses di http://mail.google.com) mungkin banyak orang berpikir bahwa hanya akan menunggu waktu bagi gmail untuk menjadi layanan email terbesar di dunia mengalahkan yahoo. Dan itu terbukti! Saat ini gmail merupakan layanan email terbesar di dunia. Nah selain sebagail email, account gmail juga menjadi gerbang untuk menikmati layanan google lainnya secara lebih mendalam.

-Google Apps
Nah google apps (http://google.com/a) yang gw gunakan lebih ke domain rizkyprawinto.com, banyak fitur yang ditawarkan oleh google apps namun yang gw gunakan lebih ke email dengan custom domainnya. Salah satu contohnya gw menggunakan google apps untuk email milis@rizkyprawinto.com

-Google Hangouts
Google Hangouts (http://google.com/hangouts) merupakan layanan pesan lintas platform milik google. dengan layanan ini kita bisa chat, call, maupun video call dengan teman-teman maupun keluarga kita. Aplikasi ini sendiri sementara bisa diakses dari komputer, android, ios. Menurut gw ini sih gabungan skype, LINE, dan Whatsapp.

-Google Authenticator
Ini merupakan aplikasi yang sementara bisa digunakan untuk android dan ios. Aplikasi ini merupakan salah satu cara two step verification selain menggunakan SMS dan telepon. Gw menggunakan aplikasi ini untuk login ke google account, facebook, dan microsoft account. Gw berharap makin banyak web yang menyediakan akses login dengan google authenticator, karena selain mudah metode ini juga jauh lebih aman dibanding harus melalui metode sign in biasa.

-Google Now
Nah google now juga merupakan aplikasi yang sementara ada di android dan ios (http://www.google.com/landing/now/). Di google now dia akan mempelajari kebiasaan kita dari isi email kita, rute perjalanan kita, apa yang kita cari dan sebagainya. Contoh kalo gw pesan tiket pesawat dan menggunakan email gmail, maka pada saat menjelang hari keberangkatan akan ada notifikasi dari google now tentang penerbangan kita seperti nomor penerbangan, tujuan, dan status delay atau on time. Contoh lainnya saat google mempelajari rute sehari-hari kita seperti dari rumah ke kantor atau sebaliknya dan ke rute-rute lainnya. Google now otomatis akan memberi perdiksi waktu yang ditempuh beserta traffic nah ini nih yang buat gw ngga telat hahaha. Selain itu google now juga memberi update tentang skor pertandingan klub favorit kita, cuaca, saham dan lain sebagainya termasuk saat kalian ingin mencari tempat yang dibutuhkan.

-Goo.gl
Ini merupakan layanan URL Shortener (http://goo.gl) kepunyaan google. Hehe buat gw ini berguna kalo mau mengirim link yang panjang ke twitter sehingga ngga menghabiskan karakter di twitter.

-Blogger
Nah ini jangan ditanya deh kalo blogger (http://blogger.com) disini gw bisa menulis apapun yang gw mau termasuk beberapa cerita kenangan yang berkesan buat gw. Dari dulu pengen banget sebenernya punya blog pribadi sampai akhirnya sekitar tahun 2010 iseng buat blog karena pas itu libur panjang dan ngga kemana-mana hehe. Blog gw sendiri bisa diakses di http://rizkyprawinto.blogspot.com di blog ini selain ada postingan blog gw juga ada beberapa link social media tempat dimana teman-teman bisa berinteraksi langsung dengan gw. Kenapa gw pilih blogger? Karena selain dia produk google, produk ini diantara produk gratis yang lain memiliki fitur yang paling lengkap dan paling simple.

-Feedburner
Layanan feedburner (http://feedburner.com) ini merupakan layanan web feed dari google. Jadi layanan blog gw sendiri gw daftarkan RSS feednya di feedburner sehingga lebih mudah jika orang mau subscribe di blog gw atau jika gw ingin menggunakan fitur auto share ke layanan lain bisa membuat RSS atau Atom blog di feedburner ini.

-Google Analytics
Google analytics (http://www.google.com/analytics) sendiri merupakan layanan untuk menganalisis pengunjung ke blog atau web kita. Cukup menarik untuk mempelajari karakter pengunjung blog kita dari sini.

-Google Webmasters
Layanan yang bisa diakses di http://google.com/webmasters ini sendiri berguna agar blog kita mampu tampil lebih baik di google search engine. Yang paling penting sih dalam memposting sitemap blog atau web kita disini.

-Google+
Nah layanan social media yang bisa diakses di http://plus.google.com ini merupakan layanan social media yang bisa dikatakan cukup berhasil dibanding layanan social media google yang lain seperti orkut yang gagal di pasaran. Sebenarnya layanan ini sendiri dibuat untuk menyaingi facebook namun dalam perjalanannya layanan google+ memiliki diferensiasi yaitu fokus pada fotografi. Google+ saat ini mampu menampilkan foto dengan resolusi tinggi, fitur editing foto yang cukup lengkap, dan bagi pengguna mobile ada fitur auto uploadnya. Kalo boleh jujur google+ sebenarnya sepi pengguna namun dengan strategi google yang mengintegrasikan hampir semua layanannya ke google+ maka terlihat jika pengguna google+ itu banyak padahal sepi aktifitas. Nah buat yang mau add gw bisa ke http://plus.google.com/+rizkyprawinto .

-Yotube
Semua pasti tahu dong http://youtube.com? Ini merupakan layanan video sharing terbesar di dunia. Mungkin gw termasuk orang yang lebih banyak menonton youtube dibanding menonton tv nih hehe, disini kita bisa belajar sekadar refreshing atau melihat ide-ide yang baru. Gw sendiri punya channel di youtube lebih ke penyimpanan dokumentasi pribadi yang menarik hehe, jadi kalo seandainya komputer rusak atau file video hilang ngga perlu pusing-pusing karena file videonya sudah terupload di youtube hehe. Buat yang mau berkunjung ke channel gw bisa akses langsung http://youtube.com/rizkyprawinto .

-Google Contacts
Google contacts (http://google.com/contacts) memang terlihat simple namun berguna banget buat gw. Dulu seperti yang kita tahu kalau contacts di sim card dan phonebook hp itu terbatas jumlahnya dan ngga terintegrasi. Masalah ini makin runyam waktu gw kehilangan hp, memang nomor kita sama setelah diurus ke operator tapi apakah contacts yang ada disana bisa diselamatkan? Tentu saja tidak. Setelah pelajari sana-sini akhirnya gw menemukan aplikasi google sync (sepertinya sekarang sudah tidak ada). Waktu itu gw inget banget menginstall aplikasi ini di Nokia E71 gw dan saat berpindah ke Blackberry 8320 yang gw install google sync contact gw tetap aman. Nah disini gw mulai percaya kenyamanan yang ditawarkan teknologi cloud. Saat ini device yang mendukung secara native google contact adalah android dan ios (terutama ios 7), sisanya mungkin harus setting manual dengan metode CardDAV. Selain lewat gadget contact bisa diatuh di web gmail maupun langsung di google contacts, It’s simple!!

-Google Calendar
Google calendar (http://google.com/calendar) merupakan kalender yang cukup pintar, disini dia bertugas ngingetin gw tentang jadwal-jadwal yang penting maupun ngga penting hehe. Jangan samakan google calendar dengan kalender di tembok kalian hehe. Disini kita bisa mengatur tentang hari libur dari berbagai macam negara lalu kemampuan sync nya patut diacungi jempol. Google calendar gw sendiri terintegrasi dengan facebook sehingga jika ada yang ultah maupun event apapun yang gw terima di facebook otomatis akan masuk ke google calendar dan google calendar akan meneruskan ke gw lewat perangkat android (kebetulan ini yang selalu ada di kantong gw hehe). Dulu waktu lagi jaman skripsi juga bu Lely invite kalendar gw dengan jadwalnya, sehingga jadwal bimbingan lebih mudah gw cek kalo bu Lely lagi kosong.

-Google Translate
Layanan yang bisa diakses di http://translate.google.com memudahkan gw untuk menemukan kata-kata yang sulit dalam bahasa lain. Pasti kalian juga pernah kan? hehe

-Google Drive
Google drive (http://drive.google.com) merupakan bentuk baru dari google docs. Ini merupakan layanan ala dropbox kepunyaan google. Install ini di komputer, tablet, smartphone lalu bisa diakses juga lewat web. Dengan ini rasanya kita ngga akan panik jika ada file yang ketinggalan ataupun saat gadget kita rusak. Gw pernah posting ini sebelumnya soal google drive coba klik disini.

-Quickoffice
Quickoffice sendiri merupakan aplikasi editing file office yang cukup baik buat di android maupun ios (tidak menutup kemungkinan buat platform lain). Mungkin buat teman-teman yang suka mengedit file word, powerpoint atau excel secara mobile aplikasi ini layak dicoba. Quickoffice juga terintegrasi dengan goolgle drive.

-Google Chrome
Mungkin google chrome (http://google.com/chrome) merupakan salah satu browser terbaik dipasaran saat ini. Browser ini sendiri merupakan favorit gw, karena selain ringan browser ini juga cepat.

-Google Maps
Layanan peta digital google maps (http://maps.google.com) juga merubah kebiasaan kita sekarang. Dengan google maps rasanya tidak terlalu sulit untung mencari suatu lokasi. Apalagi sekarang mulai diimplementasikannya fitur street view di Indonesia. Untuk perangkat mobile seperti android dan ios google maps sangat membantu kita memutuskan rute tercepat sampai ke tujuan, karena kita bisa melihat kondisi lalu lintas yang terjadi (walaupun di Jakarta sepertinya macet semua hehehe).

-Android
Wah kalo ini ngga usah ditanya deh. Android (http://android.com) saat ini merupakan platform mobile paling populer di dunia. Android pertama sendiri adalah T-mobile G1 yang berkerjasama dengan HTC. Gw yang emang dari SMP suka hal-hal yang berbau teknologi memang udah perhatiin pergerakan android ini dari dulu. Dulu gw termasuk orang yang coba-coba Blackberry saat orang lain masih awam soal Blackberry, nah saat Blackberry booming dan android mulai masuk Indonesia gw masih perhatiin sampai OS nya stabil. Karena menurut gw OS android 2.2 Froyo waktu itu sudah cukup stabil akhirnya gw mencoba android pertama gw yaitu LG Optimus Me. Bawa-bawa nama android waktu itu orang-orang masih bingung namun gw yang mencoba di awal langsung suka dan langsung berniat cari android dengan spec yang lebih tinggi. Catatan aja android besar karena nama google yang mengakuisisi, nah sekarang mungkin bisa dilihat ke depan OS mobile selanjutnya tapi lihat juga nama dibelakang layarnya seperti Windows Phone (Microsoft), Firefox OS (Mozilla), Tizen (Samsung-Intel), Ubuntu Touch (Canonical), Sailfish OS (Jolla) dan lain sebagainya. Diantara OS tersebut potensi Windows Phone tidak bisa dianggap remeh.

-Nexus
Wah kenapa harus nexus? Nexus (http://google.com/nexus) merupakan perangkat android yang didesain langsung oleh google. Biasanya perangkat nexus ini mendapatkan update software paling cepat dibandingkan perangkat android yang lain (faktor pure android yang belum dicustom vendor). Faktor lain adalah disini google ngga ngambil margin keuntungan yang terlalu tinggi tapi minim juga sih biaya pemasarannya hehe. Bisa dilihat kalo setiap perangkat nexus memiliki spec yang cukup tinggi dengan harga yang masih rasional. Proyek nexus sendiri merupakan proyek google yang digilir ke setiap vendor (walaupun google punya motorola tapi motorola sendiri belum mendapat jatah nexus). Dari awal mungkin bisa diurutkan yang membuat nexus untuk smartphone seperti HTC Nexus ONE, Samsung Nexus S, Samsung Galaxy Nexus, LG Nexus 4, dan yang terbaru LG Nexus 5. Sedangkan untuk tablet ASUS Nexus 7 generasi pertama, ASUS Nexus 7 generasi kedua, lalu ada juga Samsung Nexus 10. Gw sendiri sekarang jadi rada fanatik Nexus series hehe.. Dulu sempat menggunakan Samsung Nexus S sekarang masih setia dengan Samsung Galaxy Nexus.

                Mungkin itu beberapa produk google yang sekarang sering banget gw gunakan. Masih banyak produk google lain seperti google keep, google cloud print, waze, picasa, adsense, adwords dan lain sebagainya hanya saja produk yang gw sebutkan diatas itu yang paling banyak gw gunain. Dulu google mengalahkan yahoo sebagai layanan internet terbesar di dunia lewat inovasi, akuisisi, iklan dan ekspansi google di bidang yang bukan berhubungan langsung ke internet ambil contoh proyek tanpa supir mobil google. Tapi sekarang yang gw lihat yahoo juga ngga tinggal diam, dibawah arahan CEO Marissa Mayer (mantan orang google juga) yahoo mulai berbenah dan banyak melakukan akusisi (yang paling fenomenal tumblr) lalu menghapus layanan yang kurang produktif dan mendesain ulang interface layanannya (seperti yahoo mail dan flickr). Memang sulit bagi yahoo untuk mengalahkan google dalam waktu dekat namun menurut gw dengan yahoo yang menjadi makin mirip google tidak ada yang tidak mungkin. Hanya saja buat gw yang menjadi fans produk google tentu agak sulit jika nanti harus berpindah layanan hehe. Ini cerita gw apa cerita kalian?




Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto