Saturday, April 26, 2014

Tips: Kirim & Terima Email dari Account Apapun Menggunakan Gmail

Sumber gambar: http://elleneldridge.com/beginning-to-love-gmail/

                              Wahh lama juga nih ternyata ini blog ngga diupdate hehe…. Yahh mumpung ada waktu buat ngeblog, kali ini gw mau bagi-bagi tips sederhana supaya kita bisa kirim terima email apa saja lewat layanan gmail. Mengapa hmail? Ya karena jaman sekarang banyak dari kita yang memiliki google khusus untuk android, youtube, google drive, google calendar, dan lain sebagainya (Klik disini untuk layanan google yang gw gunakan). Nah masalahnya untuk menikmati layanan google itu semua kita membutuhkan account gmail yang menurut gw ini merupakan salah satu penyedia layanan email gratis dengan fitur paling lengkap dan sistem keamanan yang cukup handal yang membuat kita sepenuhnya ingin beralih alamat email sepenuhnya ke gmail. Banyak dari kita memiliki alamat email lama yang sudah diketahui banyak orang, sedangkan kita sebenarnya ingin beralih ke gmail secara penuh.

                Nah disini gw ingin berbagi tips sederhana agar kita tetap bisa menerima dan mengirim email lama tersebut dari account gmail saja. Gw sendiri menambahkan email kantor dan email lama yahoo di account gmail yang powerful ini. Sebelumnya pastikan email yang kita gunakan sebelumnya memiliki fitur POP3 (rata-rata jaman sekarang layanan email sudah memiliki fitur ini). Yang kedua pastikan incoming servernya benar, contoh kita memiliki email username@domain.com nah biasanya incoming servernya itu bisa mail.domain.com, pop.domain.com, atau bisa juga pop.mail.domain.com kalo kita belum tahu pasti email servernya bisa kita coba satu per satu kok.

                Dalam contoh ini gw menggunakan email yahoo.co.id  karena banyak diantara kita memiliki email yahoo (Pastikan email yang kita akan tambahkan memiliki layanan POP3 dan telah diaktifkan, untuk cara aktifasi POP3 yahoo bisa klik disini).

·         Setelah masuk ke account gmail kita langsung pilih settings.



·         Setelah masuk ke settings pilih accounts and import.



·         Lalu pilih add a POP3 mail account you own.


·         Masukkan alamat email kita lalu klik next step.



·         Lalu masukkan password kita (jika menggunakan 2 step verification gunakan application specific password), beri tick mark pada Leave a copy of retrieved message on the server, Leave a copy of retrieved message on the server, Label incoming messages. Lalu klik add account. Jika terjadi error ganti port dari 110 ke 995.



·         Lalu di berikutnya pilih Yes, I want to be able to send mail as lalu pilih next step.



·         Nah isi nama kita sendiri pada name lalu klik next step.




·         Lalu pilih Send through Gmail (easier to set up) dan klik next step.



·         Pada bagian verify your email address klik send verification. Setelah itu pilih close window saja dan masuk ke inbox email yang kita daftarkan (dalam contoh ini masuk ke inbox yahoo mail).




·         Di inbox email yang kita daftarkan akan ada email dari gmail. Lalu buka email tersebut.



·         Buka email tersebut dan klik link konfirmasinya.



·         Maka akan muncul status sukses setelah itu kembali ke account gmail kita. Gmail akan menarik semua email dari inbox email kita yang lama. Tunggu minimal sehari sampai proses penarikan selesai, nanti jika kita ingin member status read pada email hasil tarikan yang cukup banyak kita tinggal centang semua email lalu pilih mark as read saja.

·         Lihat di inbox kita maka akan ada email masuk dengan label email sesuai yang kita daftarkan.



·         Saat membuat email pun kita bisa memilih ingin send as dengan alamat email yang mana saja. 



Semua pengaturan diatas seperti mengirim email dari account lain juga berlaku apabila kita menggunakan email client Gmail di perangkat mobile contoh Gmail di android maupun Gmail di iOS (Jika belum ada bisa download di Playstore maupun Appstore). Yah mungkin itu sedikit tips yang bisa gw kasih supaya kita ngga perlu repot cek email account kita yang banyak tapi bisa dari gmail kita bisa mengecek maupun mengirim email apa saja di satu tempat. Jika ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke gw di kota komentar di bawah atau media sosial lainnya. J