Share Button yang Baru & Masalah Konsistensi


Setelah sekian lama menggunakan share button dari sharethis, gw mencoba untuk mengganti dengan share button milik layanan yang lain. Hmm alasan gw mengganti share button ini sendiri adalah sharethis kadang kurang konsisten jika dilihat diakses menggunakan perangkat mobile. 

Ada dua kandidat sebenarnya untuk mengganti layanan sharethis yaitu addthis dan addtoany. Pertama gw mencoba untuk menggunakan layanan addthis, akan tetapi setelah gw coba-coba ternyata untuk memasang di blog ini agak sulit dan kadang tampilannya agak kacau. Nah akhirnya gw mencoba layanan addtoany. Walau sepertinya layanan ini belum menyediakan fitur analytic tetapi diluar dugaan performanya sangat baik dan sudah support share via layanan whatsapp & line yang sangat mobile sekali.

Layanan blogger sendiri selalu berbeda URL blog nya saat diakses via desktop maupun perangkat mobile, contoh saat menggunakan perangkat mobile maka URL menjadi http://rizkyprawinto.blogspot.com/?m=1 tetapi jika dilihat dari desktop maka URL akan menjadi http://rizkyprawinto.blogspot.com. Oleh karena itu penghitungan share button jika ada pengunjung yang share maupun like dari perangkat mobile dan dekstop akan berbeda jumlahnya. 

Ke depan gw lagi mencari cara supaya blog ini bisa konsisten menggunakan URL http://rizkyprawinto.blogspot.com jika diakses dari perangkat manapun. Mungkin bisa dengan menggunakan responsive design atau modifikasi di HTML. Semoga gw menemukan cara yang tepat sehingga penghitungan share button nya bisa konsisten jika diakses di perangkat manapun. 

Kalau ada teman-teman yang bisa membantu juga bisa langsung kirim email ke gw yaa :)


Menjadi 





Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto