Saturday, March 5, 2016

Mencoba Layanan E-money BCA Sakuku



Beberapa waktu lalu gw pernah bikin artikel tentang layanan berbagai layanan E-money di Indonesia dan pengalaman menggunakan layanan Mandiri E-cash. Nah setelah tahun lalu BCA meluncurkan layanan Sakuku beberapa minggu lalu BCA mulai menggeber versi full sakuku yang mereka sebut Sakuku Plus. Sebenarnya ini mirip layanan Mandiri e-cash registered. Layanan BCA Sakuku ini sendiri bisa digunakan oleh nasabah Bank BCA maupun non nasabah Bank BCA. Karena nomor HP kita akan menjadi nomor rekening.

Yang perlu kita lakukan adalah mendownload aplikasi Sakuku di Google Playstore maupun di Apple App store. Nanti aplikasinya akan terlihat seperti ini:


Setelah melakukan registrasi lalu saat akan login tampilan akan seperti ini


Untuk tampilan user interface sendiri sangat mudah dimengerti




Saat ini kita bisa menggunakan layanan sakuku seperti bayar belanja maupun isi pulsa. Jika ingin menikmati layanan seperti split bill, transfer, dan tarik tunai maka kita harus mengupgrade ke layanan Sakuku Plus.

Untuk nasabah bank BCA kita hanya perlu ke menu setting dan ada pilihan untuk mengaktifkan layanan sakuku plus disana dan untuk non nasabah bank BCA bisa datang ke cabang bank BCA terdekat untuk mengaktifkan layanan sakuku plus.

Beda Sakuku & Sakuku Plus:


Video BCA Sakuku:

Ada beberapa hal yang menurut gw masih lebih baik layanan Mandiri e-cash dibandingkan dengan BCA Sakuku dengan catatan saat artikel ini dibuat pada tanggal 5 Maret 2016:

- Dengan Mandiri e-cash kita bisa mentransfer uang kita ke rekening bank Mandiri tidak hanya ke rekening Mandiri e-cash, sedangkan BCA Sakuku saat ini hanya menawarkan layanan transfer ke rekening sakuku saja tidak bisa melakukan transfer ke rekening bank BCA.

- Mandiri e-cash support berbagai macam jenis smartphone bahkan ponsel jadul masih bisa mengakses melalui USSD *161*6#  sedangkan BCA Sakuku saat ini baru bisa di android dan ios.

- Tutorial penggunaan aplikasi Mandiri e-cash lebih baik dari BCA Sakuku sehingga pengguna awam lebih dapat mengerti cara menggunaan aplikasi. Contoh saat kita akan mengisi ulang Mandiri e-cash maka akan dijelaskan secara detail melalui aplikasi cara mengisi ulang baik itu melalui ATM Mandiri, Internet maupun jika kita mengisi ulang melalu ATM bank lain. Hal ini berbeda dengan BCA Sakuku yang hanya memberikan informasi melalui media lain selain di dalam aplikasi itu sendiri, bahkan untuk nasabah bank lain yang ingin melakukan pengisian ulang pasti kan mengalami kebingungan.

- Merchant dan ATM Mandiri yang mendukung Mandiri e-cash masih lebih banyak dari BCA Sakuku.



Nah gw sempat uji coba untuk melakukan tarik tunai di ATM BCA yang telah mendukung Sakuku. Caranya masuk ke menu tarik tunai lalu ada pilihan untuk memilih nominal yang akan kita ambil


Setelah itu kan ada menu konfirmasi


Lalu masukkan PIN kita


Lalu akan muncul kode untuk penarikan tunai kita yang akan kita masukkan nanti ke ATM BCA


Setelah itu kita pergi ke ATM BCA yang telah memiki menu tarik tunai Sakuku seperti dibawah ini


Nah disini nih hal yang ganjil muncul yaitu tombol menu tersebut tidak merespon apa-apa saat ditekan. Mungkin hal ini bisa dibilang wajar karena layanan Sakuku Plus sendiri masih baru hitungan minggu namun mengingat BCA merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia hal ini harusnya tidak boleh terjadi apalagi BCA mulai gencar mempromosikan layanan Sakuku ini.

Namun ada juga kelebihan layanan BCA Sakuku ini dibandingkan Mandiri e-cash seperti

- Untuk notifikasi dan kode penarikan tunai dilakukan melalui notifikasi di aplikasi sehingga tidak memakan pulsa seperti mandiri e-cash yang menggunakan OTP SMS.

- Tampilan aplikasi bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

- Waktu berlaku kode penarikan tunai lebih lama sekitar 2 jam sedangkan Mandiri e-cash hanya sekitar 15 menit.

- Adanya menu yang unik seperti permintaan untuk transfer uang, perimintaan untuk isi ulang pulsa, hingga menu split bill untuk membagi tagihan kita bersama teman-teman.


Sekali lagi artikel ini ditulis berdasarkan kondisi per tanggal 5 Maret 2016 jadi tidak menutup kemungkinan BCA akan mengejar ketertinggalan fungsi Sakuku untuk mengejar fungsi dari kompetitor seperti Mandiri e-cash. Gw sebenarnya udah nungguin lama fitur upgrade Sakuku ini ke Sakuku Plus namun begitu diluncurkan fitur pendukung Sakuku Plus seperti penarikan uang tunai di ATM BCA masih mengecewakan.

Gw berharap banyak ke bank BCA untuk segera memperbaiki kekurangan dari Sakuku ini dan menambah dukungan merchantnya sehingga Sakuku bisa menjadi aplikasi E-money yang lebih baik dari saat ini. Buat yang mau tahu lebih banyak soal Sakuku bisa langsung ke http://www.bca.co.id/sakuku.