Thursday, March 3, 2016

Menikmati Konten Virtual Reality Menggunakan Google Cardboard


Beberapa hari lalu iseng-iseng beli google cardboard di salah satu toko online, setelah barang sampai dan google cardboard selesai dirakit gw penasaran bagaimana hasilnya. 

Menikmati konten virtual reality (VR) itu ngga mahal kok. Google sendiri awalnya membuat sendiri aplikasi cardboard untuk perangkat iOS dan Android lalu menjual sendiri cardboardnya. Nah saat ini google cardboard sendiri sudah menjadi platform terbuka jadi siapapun bisa membuat google cardboard ini dengan desain yang bermacam-macam. Harga di untuk google cardboard ini sendiri sangat-sangat murah untuk menikmati konten VR mulai dari Rp 20 ribuan sampai ratusan ribu tergantung model.kebetulan gw beli yang paling murah hahahaha.

Nah google berjasa besar sih menurut gw, karena telah mengenalkan teknologi VR ini dengan cara yang sederhana berbeda dengan Oculus Rift maupun HTC Vive yang menyasar pengguna ingin merasakan pengalaman real VR. Ke depan teknologi VR ini akan sangat berkembang pesat karena konten-konten video & foto 360 derajat, game dan lain sebagainya mulai menyasar VR sebagai platform baru yang menjanjikan.

Sebelum membeli google cardboard ini, pastikan smartphone kita memilki ukuran layar 3" - 5", memiliki gyroscope, bersistem operasi android atau ios (pada saat review ini konten dari android lebih banyak daripada ios), dan mendownload aplikasi cardboard.



Bentuk google cardboard gw sendiri setelah dirakit seperti ini nih









Hasil VR yang ditampilkan diluar dugaan gw cukup baik dengan user interface yang menarik, pokoknya buat yang pengen nyicipin teknologi VR bisa coba dulu solusi dari google cardboard ini nah nanti jika merasa kurang dan ingin menikmati konten dari perangkat "Real VR" boleh lah beli Oculus Rift dan HTC Vive. Buat gw sih Samsung Gear VR belum bisa dikatakan perangkat "Real VR" ya, karena masih bergantung dengan smartphone. Untuk informasi tentang google cardboard bisa ke http://google.com/get/cardboard . Selamat menikmati konten VR :)