Migrasi Kartu Debit Berbasis Chip

Sumber gambar: http://bca.co.id

Sesuai peraturan Bank Indonesia bahwa pada tahun 2021 nanti semua kartu debit wajib menggunakan teknologi berbasis chip menggantikan teknologi magnetic stripe yang tergolong kurang aman.

Mengganti kartu debit semua nasabah dan infrastruktur pendukung seperti EDC dan mesin ATM tentu membutuhkan waktu yang lama, biaya yang besar dan sosialisasi kepada masyarakat tentang penggunaan kartu debit berbasis chip.

Setelah sebelumnya BNI telah melakukan penyebaran kartu debit berbasis NSICCS (National Standard Indonesia Chip Card Spesification) secara terbatas, beberapa waktu lalu BCA telah meluncurkan kartu debit NSICCS nya yang dipadukan dengan Flazz untuk masyarakat luas bertepatan dengan momen 60 tahun bank tersebut berdiri. Dengan keberanian BCA meluncurkan kartu debit berbasis chip secara luas ini diharapkan dapat memicu bank-bank nasional lain untuk mempercepat adopsi teknologi chip pada kartu debit mereka mengingat kejahatan penggandaan kartu debit mulai marak belakangan ini.

Buat nasabah-nasabah bank yang telah meluncurkan kartu debit berbasis chip sih gw saranin segera tukarkan kartu debit magnetic stripe nya ke kartu debit berbasis chip ini karena tingkat keamanan yang ditawarkan jauh lebih baik untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan :)